spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Layanan Call Center 112 Bontang Siap Diluncurkan Besok

BONTANG – Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya layanan panggilan pusat kedaruratan (emergency call center) 112 siap diluncurkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang, Rabu (25/8/2021) besok.

Sejak Senin (23/8/2021) hingga Selasa (24/8/2021) hari ini, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya telah intens melakukan rapat koordinasi dan gladi bersih untuk menyiapkan peluncuran layanan. Termasuk halnya peninjauan langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang, Najirah, ke ruangan Kantor Call Center 112 yang berlokasi di lantai II Auditorium Taman Tiga Dimensi (Eks Kantor Wali Kota).

Dasuki, Kepala Diskominfo Bontang mengatakan, dalam peluncuran program bernama “Bontang Siaga” alias Bontang Siap Melayani Warga ini, akan dirangkai dengan pemutaran video berkaitan gambaran pengoperasian panggilan kedaruratan secara gratis tersebut. Harapannya, masyarakat dapat memiliki persepsi yang sama terkait layanan ini.

“Kami juga akan simulasikan mekanismenya di peluncuran nanti. Harapannya, banyak masyarakat yang tahu bahwa Pemkot kini memiliki layanan panggilan kedaruratan,” ujarnya. “Apabila menemukan kejadian yang menyangkut nyawa seseorang, kecelakaan, bencana alam, KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), kerusuhan dan lainnya, bisa langsung telepon 112. Bebas pulsa,” katanya.

Sebagai informasi, layanan Emergency Call Center 112 berlaku secara internasional, dan saat ini sudah diterapkan di 48 negara. Bontang akan menjadi kota ketiga di Kaltim yang menerapkan call center 112, setelah Balikpapan dan Samarinda. Berbagai persiapan telah dilakukan Diskominfo Bontang sebelum layanan ini diluncurkan.

Seperti menyiapkan gedung, sarana prasarana penunjang, jaringan, aplikasi, menyiapkan sewa jaringan internet bebas pulsa, hingga mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi para operator telepon (call taker). (bms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.