spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Upacara HUT Ke-76 RI Digelar Terbatas dan ‘On The Road’ di Lima Persimpangan

BONTANG – Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Bontang, digelar di Lapangan Bessai Berinta Bontang, Selasa (17/8/2021). Di tengah pandemi Covid 19, upacara dilakukan dengan pembatasan jumlah tamu undangan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, upacara dilaksanakan dengan khidmat.

Wali Kota Bontang Basri Rase bertindak sebagai inspektur upacara. Basri didampingi istrinya Hafidah Basri Rase. Hadir juga Wakil Wali Kota Bontang Najirah bersama putranya, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Bontang, Jajaran Forkopimda, Sekda Bontang, dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.

Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam. Paskibraka Kota Bontang tahun 2021 pun sukses mengibarkan sang saka Merah Putih, termasuk saat upacara penurunan bendera Merah Putih.

Usai menggelar upacara Detik-detik Proklamasi, Wali Kota, Wakil Wali Kota Bontang bersama jajaran Forkopimda mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara virtual. Di waktu yang sama, digelar juga upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi On The Road, di lima titik persimpangan. Mulai pukul 11.17-11.20 Wita. Ramah tamah pun digelar sekaligus menyerahkan bantuan kepada para veteran dan istri veteran di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

BACA JUGA :  Kodim 0908/Bontang Kembali Gelar Serbuan Vaksin Dosis 1, 2 dan Booster

Basri Rase mengucapkan rasa syukurnya karena di Kaltim hanya dua daerah yang melaksanakan perayaan kemerdekaan yakni Paser dan Bontang. Dikatakannya, Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ini adalah momentum semua untuk kembali mengenang para pahlawan. “Sekarang ini kita diberi kesempatan, dan kekuatan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Saatnya tunjukkan bela negara, bagaimana Bontang bisa terlepas dari pandemi covid-19. Momentum ini menjadi penyemangat bagi kita,” ungkapnya.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Bontang, Basri mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pelatih dan anggota paskibraka atas kesuksesan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Sore harinya, upacara penurunan bendera digelar di Lapangan Bessai Berinta. Wali Kota Bontang dan rombongan juga mengikuti upacara penurunan bendera merah putih secara virtual di Istana Negara yang digelar di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

UPACARA ON THE ROAD
Peringatan Detik-detik Proklamasi On The Road digelar serentak, di lima titik persimpangan di Kota Bontang. Yakni simpang Ramayana Jalan R Suprapto, simpang Al-Hijrah Jalan Sutan Syahrir, dan Bundaran Sintuk, Jalan Cipto Mangunkusumo.

BACA JUGA :  Tanggapi Sumber Dana DED Jalan Lingkar, Amirudin : Sudah Ada di APBD Murni 2021

Hujan yang mengguyur Kota Taman, tak menyurutkan semangat warga untuk tetap melaksanakan upacara. Seperti di titik simpang Ramayana. Upacara ini diikuti unsur forkopimda, sejumlah komunitas, sepert sepeda ontel, komunitas vespa, kerukunan keluarga besar asli Bontang, pelajar, dan pengendara yang melintas.

Pengendara disetop. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Lalu bendera dikibarkan oleh purna Paskibra Bontang. Pembina upacara di simpang Ramayana yakni Plt Camat Bontang Utara Sutrisno, sementara komandan upacara, Ipda Lukito yang juga merupakan Kapolsubsektor Loktuan. (bms/red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img