spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Lomba PPID Pembantu, Diskominfo Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

BONTANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) baru saja selesai menggelar lomba bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Komunikasi (PPID) pembantu di lingkungan Pemkot Bontang. Sebanyak 25 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ikut terlibat dalam perlombaan ini.

Sekretaris Diskominfo Bontang, Ririn Sari Dewi mengatakan, lomba bertujuan memacu PPID pembantu agar dapat bersaing secara sehat. Adapun indikator penilaian lomba, terdiri dari keterbukaan informasi, transparansi anggaran, data informasi berkala, informasi setiap saat, ketersedian website yang ada di setiap OPD, serta ketersediaan media sosial (medsos). “Lomba ini bekerja sama dengan Komisi Informasi dan Diskominfo Provinsi Kaltim sebagai tim penilai,” ujar Ririn.

Kasi Pengelolaan Layanan Informasi Publik dan Hubungan Media Diskominfo Bontang Anna Hadya menambahkan, tujuan lain lomba adalah mewujudkan keterbukaan informasi publik di Bontang, sesuai amanah Undang-Undang No 14 Tahun 2008  tentang Keterbukaan Informasi Publik,  dan Perda Bontang No 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik. “Yang mana semua badan publik di Bontang diharapkan menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan  masyarakat,” terangnya, Jumat (13/8/2021).

BACA JUGA :  Budayakan Hidup Bersih di Sekolah, Bontang Selatan Adakan Pembinaan UKS

Untuk mengukur penilaian dalam lomba ini, Diskominfo menyebarkan kuisioner kepada peserta lomba. Setelah itu, kuisioner tersebut dikembalikan ke panitia untuk dicek dan dinilai. Kemudian oleh panitia, kuisioner tersebut diperingkat. Bagi yang masuk dalam urutan 1-10 besar, akan dinilai oleh tim juri dari provinsi. “Pemenangnya belum kami umumkan. Rencananya diumumkan pada HUT Bontang mendatang,” tandas Anna. (bms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.