spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gairahkan Minat Pramuka Sejak Dini, Kwarda Kaltim Gelar Lomba Mewarnai Bertema Pramuka

SAMARINDA – Dalam upaya memperkenalkan nilai-nilai Gerakan Pramuka kepada anak-anak sejak usia dini, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan lomba mewarnai yang khusus diikuti oleh anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Lomba ini berlangsung meriah di Samarinda Central Plaza (SCP), Sabtu (26/10/2024), sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Agus Purnama, lomba ini bukan hanya sekadar kegiatan seni, tetapi juga sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal atribut dan nilai-nilai Pramuka. “Kami berharap dengan lomba mewarnai ini, anak-anak bisa mengenali Pramuka dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Mulai dari seragam cokelat, sepatu hitam, hingga atribut-atribut Pramuka lainnya,” jelas Agus Purnama di sela kegiatan.

Lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yakni Kategori A untuk anak usia TK dan PAUD, serta Kategori B untuk anak usia SD dan MI. Mengusung tema “Ceria dan Berprestasi Bersama Pramuka,” acara ini terbukti menarik banyak minat anak-anak dan orang tua, sehingga panitia membatasi jumlah peserta hingga 100 orang untuk menjaga kualitas acara.

Selain sebagai media untuk memperkenalkan Pramuka, lomba ini juga menjadi ajang apresiasi kreativitas anak-anak. Total hadiah sebesar Rp 5,1 juta disiapkan untuk para pemenang, yang langsung diserahkan oleh Wakil Ketua Kwarda Kaltim Bidang Humas dan Informatika, Muhammad Faisal.

“Kami ingin menanamkan rasa bangga pada anak-anak sejak dini terhadap Gerakan Pramuka. Dengan begitu, semoga kelak mereka akan tumbuh menjadi generasi yang disiplin, kreatif, dan berprestasi,” tutup Agus Purnama.(diskominfokaltim/MK)

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti