spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Debat Publik Calon Bupati-Wakil Bupati Berau 2024, Visi dan Misi Menuju Pembangunan Berkelanjutan

TANJUNG REDEB – Debat publik pertama antara calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Berau disiarkan langsung oleh trans7 di Jakarta Selatan pada Sabtu (26/10/2024).

Acara ini diikuti oleh dua pasangan calon (Paslon), yakni nomor urut 1 adalah Madri Pani- Agus Wahyudi, dan nomor urut 2 adalah Sri Juniarsih Mas- Gamalis.

Acara ini menarik perhatian masyarakat yang ingin mengetahui visi dan misi masing-masing pasangan calon dalam menghadapi pemilihan 2024.

Untuk Paslon nomor urut 1 menekankan visi mereka untuk mewujudkan Berau sebagai daerah terdepan melalui pembangunan ekonomi berkelanjutan, berfokus pada pertanian dan pariwisata.

Dengan visi mewujudkan berau terdepan melalui pembangunan ekonomi berkelanjutan yang berbasis pada pertanian dalam arti luas dan pariwisata yang didukung oleh sumber daya manusia yang handal.

Misi ini mencakup delapan poin utama, antara lain meningkatkan produksi pertanian melalui program ekstensifikasi dan intensifikasi, mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang berorientasi pada masyarakat, membangun destinasi wisata berbasis ekowisata, mewujudkan pemerintahan yang berintegritas, transparan, dan efisien, membangun infrastruktur yang berkeadilan, memberdayakan RT dan desa dalam pembangunan, meningkatkan peran serta masyarakat dan salah satu program unggulan mereka adalah pendidikan gratis.

Di sisi lain, Paslon nomor urut 2 mengusung visi untuk menjadikan kabupaten Berau maju, unggul, berkelanjutan, makmur dan sejahtera. Mereka berkomitmen untuk memperkuat sektor pariwisata dan UMKM serta meningkatkan tata kelola pemerintahan melalui inovasi dan transparansi.

Misi mereka berfokus pada lima poin kunci yaitu memperkuat sektor pariwisata dan UMKM sebagai pilar ekonomi, menciptakan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan inovatif, meningkatkan perekonomian yang kreatif untuk kesejahteraan masyarakat, mewujudkan SDM yang sehat dan berakhlak mulia melalui pendidikan dan kesehatan berkualitas, dan menuntaskan kemiskinan dan ketimpangan sosial dengan menciptakan lapangan kerja.

Budi Harianto, Ketua KPU Kabupaten Berau, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Berau tahun 2024. Dalam pernyataannya, ia menekankan pentingnya partisipasi aktif dari warga untuk memastikan proses demokrasi berjalan lancar dan transparan.

“Mari kita gunakan hak suara kita dengan bijak dan berkontribusi dalam menentukan masa depan daerah kita,” ujar Budi.

Anggota KPU Kabupaten Berau, Saharudin menegaskan bahwa pilihan masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan sangat berpengaruh terhadap masa depan Kabupaten Berau dalam lima tahun ke depan.

“Setiap suara sangat berarti. Pilihanmu hari ini akan menentukan arah pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang,” tutupnya.

Debat ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menilai perbedaan visi dan strategi masing-masing calon dalam membangun Kabupaten Berau, sekaligus menjadi momentum penting dalam menentukan pemimpin yang akan datang.

Penulis: Hasnawati
Editor: Dezwan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti