spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berau Terpilih Jadi Tuan Rumah Jambore Pertama BPD se-Kaltim di Pulau Derawan

TANJUNG REDEB – Ketua Umum Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Berau, Dendy Haryono, menyampaikan Kabupaten Berau akan menjadi tuan rumah Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kalimantan Timur pada 15 Desember mendatang.

Dandy menyampaikan setelah melalui beberapa kali pembahasan rapat dengan tujuh kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau terpilih untuk menyelenggarakan acara jambore BPD perdana.

“Ini adalah jambore pertama khusus untuk anggota BPD se-Kalimantan Timur, dan kami bangga menerima kepercayaan sebagai tuan rumah,” ujar Dendy di ruang Sangalaki, Kantor Bupati pada (18/10).

Kegiatan ini akan berlangsung di Pulau Derawan, destinasi wisata terkenal di kabupaten Berau, dan diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 700 peserta dari tujuh kabupaten, termasuk Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara (Kukar), dan Kutai Timur (Kutim).

Dendy menyampaikan bahwa PABPDSI Berau telah mengantongi Surat Keputusan (SK) penunjukan sebagai tuan rumah dan telah meneruskannya kepada Pjs. Bupati Berau serta BPMK setempat.

Meskipun demikian, pihaknya masih menghadapi kendala terkait pendanaan yang berpotensi menghambat persiapan.

BACA JUGA :  Lama Tertidur, Posisi Assisten II Harus Diisi Kepala OPD Berkompeten

“Kami memohon dukungan pendanaan dari pemerintah daerah dan pihak terkait agar kegiatan ini bisa berjalan lancar. Sebagai tuan rumah, kami tentu tidak ingin absen dalam kehadiran ini,” jelasnya.

Menurut Dendy, tujuan utama dari jambore ini adalah untuk menyatukan pemahaman antar anggota BPD, memperkuat lembaga BPD, dan membangun tali silaturahmi antarlembaga. “Kesiapan kami, insya Allah, sudah cukup matang. Kami siap melayani tamu-tamu yang akan datang nanti,” tambahnya.

PABPDSI, yang merupakan organisasi induk untuk seluruh BPD di Indonesia, berharap kegiatan jambore ini dapat memberi manfaat bagi penguatan peran BPD dalam mendukung pemerintahan desa di Kalimantan Timur.

Muhammad Said, Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Berau, berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. “Kami mendukung kegiatan inisiatif seperti ini, berharap kedepan dapat terlaksana.” tutupnya.

Penulis: Hasnawati
Editor: Dezwan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti