spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispora Kaltim Ajak Masyarakat Kembali Aktifkan Peran Karang Taruna

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)  Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengembalikan fugsi karang taruna dalam masyarakat.

Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Hasbar mengatakan bahwa peran pemuda dalam organisasi karang taruna sangat penting. “Kami akan monitoring  hasil sosialisasi tentang pemberdayaan pemuda karang taruna,”  katanya di Samarinda, awal pekan lalu.

Dispora Kaltim mengajak seluruh pengurus karang taruna untuk aktif meningkatkan peran dan partisipasi pemuda. Hasbar mengatakan  dengan aktifnya karang taruna di Kaltim, dapat meningkatkan domain indeks pembangunan pemuda.

Menurutnya karang taruna selama ini dianggap tenggelam atau tidak aktif, kemudian Dispora  melakukan  koordinasi dengan Dinas Sosial Kaltim untuk mengakomodir karang taruna di seluruh Kaltim.

Hasbar mengungkapkan Dispora Kaltim sudah melakukan pembinaan pemberdayaan pemuda karang taruna se-Kaltim pada Desember 2023 lalu. Sebelumnya karang taruna berada di bawah naungan Dinas Sosial Kaltim, namun mereka tidak memiliki  anggaran dan data karang taruna. “Jangankan anggaran, data karang taruna juga tidak ada. Dengan inisiatif Kadispora, maka kami masuk ke segmen pemudanya,” bebernya.

BACA JUGA :  Soal Bonus Atlet PON XXI, Dispora Sebut Masih Tunggu KONI Kaltim

Sehingga untuk meningkatkan semangat karang taruna, Dispora Kaltim akan membagikan fasilitas pergerakan organisasi“Ratusan laptop dan printer akan dibagikan Dispora Kaltim dalam waktu dekat ini, melalui Dispora kabupaten/kota di Kaltim,” katanya.

Hasbar  menambahkan Dispora akan bagikan 1 laptop dan 1 printer kepada 103 pengurus karang taruna di seluruh Kaltim. Yang mendapatkan bantuan  hanya karang taruna yang memiliki persyaratan lengkap.(adv/disporakaltim)

Pewarta : Andi Desky
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti