spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Festival Hudoq Pekayang Sukses Digelar, Bupati Tekankan Pentingnya Budaya di Era Modern

MAHAKAM ULU – Festival Hudoq Pekayang 2024 yang digelar di Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai, berlangsung sukses dan meriah. Acara tahunan ini dibuka resmi Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, pada Minggu (20/10/2024), ditandai dengan pemukulan Tufung.

Kehadiran Bupati Bonifasius disambut dengan ritual adat pemasangan lekuq dan penyematan lavung oleh tokoh adat Kampung Long Isun, menambah kehangatan dan kekhidmatan acara. Pembukaan ini juga disaksikan oleh ratusan penari Hudoq dari 13 kontingen yang memadati halaman Balai Adat.

Dalam sambutannya, Bupati Bonifasius menekankan bahwa Hudoq Pekayang tidak hanya sekadar ekspresi budaya dan ritual adat, melainkan juga simbol penghormatan terhadap kekuatan alam serta harapan akan kesuburan dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu dalam melestarikan budaya lokal di tengah arus modernisasi.

“Tradisi ini mencerminkan gotong royong dan kebersamaan, yang menjadi identitas masyarakat Mahulu. Pemkab Mahulu berkomitmen untuk menjadikan tradisi ini relevan di era modern dan sekaligus mengangkatnya ke tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Bupati.

BACA JUGA :  Pemkab Mahulu Sambut Kunjungan Pj Ketua TP PKK Kaltim, Berikan Arahan dan Tingkatkan Peran PKK di Mahulu 

Lebih lanjut, Bupati Bonifasius menekankan pentingnya sinergi antara pelaku seni, tokoh adat, dan masyarakat dalam mendorong pariwisata berbasis budaya yang inklusif dan berkelanjutan. Ia optimistis bahwa Festival Hudoq Pekayang dapat menjadi daya tarik unggulan dalam memperkuat sektor pariwisata kreatif di Mahakam Ulu.

Hadir dalam acara pembukaan ini, Wakil Ketua Sementara DPRD Mahulu Devung Paran, Wakapolres Kompol Mochamad Rezsa Adiatulloh, Ketua TP-PKK Kabupaten Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius, serta tokoh adat dan camat setempat. (Prokopim-len-adv-mkn)

Pewarta: Ichal
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti