spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Mahulu Luncurkan RAKIT OPD untuk Tingkatkan Transparansi dan Kinerja Pelayanan Publik


MAHAKAM ULU – Meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kinerja pelayanan publik, Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, secara resmi meluncurkan Raport Kinerja Tahunan Perangkat Daerah (RAKIT OPD) pada Selasa (8/10/2024) di Cafetaria Lantai I, Kantor Bupati Mahulu. Acara ini merupakan langkah strategis yang diinisiasi oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mahulu untuk memperkuat pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan memperbaiki capaian kinerja pemerintah setempat.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Sekretaris Daerah Mahulu, Stephanus Madang, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Agustinus Teguh Santoso, serta kepala dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Mahulu. Secara virtual, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Robertus Gatot Megantoro, serta Tim Pakar dari Universitas Mulawarman Samarinda, juga turut berpartisipasi.

Dalam sambutannya, Bupati Bonifasius Belawan Geh menjelaskan bahwa RAKIT OPD merupakan cerminan dari kinerja perangkat daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sistem ini akan mengevaluasi sejauh mana target-target kinerja yang telah ditetapkan berhasil dicapai oleh masing-masing OPD.

BACA JUGA :  Pembangunan Kantor Baru Molor, Bupati Mahulu Geram

“Penilaian kinerja ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk terus berinovasi dan memperbaiki tata kelola pemerintahan, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Mahulu. Ini bukan sekadar tentang berapa banyak program yang dilaksanakan, tetapi seberapa besar dampaknya bagi masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati Bonifasius juga menegaskan bahwa rapor kinerja ini diharapkan menjadi instrumen evaluasi yang efektif. Dengan adanya sistem ini, pemerintah daerah bisa dengan mudah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan menentukan langkah-langkah perbaikan yang harus segera diambil.

“Kami berharap seluruh OPD benar-benar memanfaatkan RAKIT OPD sebagai acuan dalam menyusun strategi yang lebih baik, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat kolaborasi antar perangkat daerah. Ini adalah momentum untuk terus berinovasi, beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan yang terpenting, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Bonifasius mengingatkan setiap perangkat daerah untuk menyusun rencana kerja yang jelas dan terukur, sehingga kinerja dapat dipantau secara berkala. Evaluasi rutin terhadap pelaksanaan program dan kegiatan juga diperlukan agar semua yang telah direncanakan dapat berjalan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Penyusunan RDTR hingga RTH Mahulu Diharap Hasilkan Output Konkret Kebijakan Jangka Panjang Daerah

Peluncuran RAKIT OPD ini diharapkan dapat menjadi titik awal yang baik bagi peningkatan transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah di Kabupaten Mahulu.

Pewarta: Ical
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti