spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berbagai Lomba Semarakkan Peringantan Hari Santri Nasional 2024 di Berau

TANJUNG REDEB – Kementerian Agama Kabupaten Berau menyelenggarakan upacara peringatan Hari Santri pada Selasa, (22/10/2024), di halaman Kantor Bupati Berau.

Acara ini dihadiri oleh ratusan santri, tokoh agama, pejabat daerah, serta berbagai elemen masyarakat. Dengan mengusung tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”, peringatan ini diharapkan dapat memperkuat semangat juang santri dalam menghadapi tantangan masa depan.

Dalam kegiatan ini dimeriahkan dengan beberapa cabang lomba yaitu lomba kaligrafi, ceramah agama, dan baca kitab kuning.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali bakat santri dan memperkuat semangat kompetisi yang positif di kalangan generasi muda. Para peserta dari berbagai pondok pesantren berlomba menunjukkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang keagamaan.

Dalam lomba kaligrafi, juara 1 diraih oleh santri dari Pondok Pesantren Al-Ridho dan Al-Fajar, yang berhasil menunjukkan keindahan dan ketelitian dalam karya kaligrafi mereka. Pondok Pesantren Daarur Rahmah juga mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih juara 1 dalam lomba ceramah agama dan baca kitab kuning, menegaskan kualitas pendidikan yang diberikan di lembaga tersebut.

BACA JUGA :  DPUPR Berau Akan Bangun Tiga Kolam Ditensi Cegah Banjir

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Berau, Jaka Siswanta, bertindak sebagai pembina upacara dan dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran santri dalam pembangunan bangsa.

“Hari Santri merupakan kesempatan bagi santri untuk memperkuat komitmen dan semangat meraih masa depan yang gemilang,” ujarnya.

Jaka menambahkan bahwa setiap santri memiliki potensi untuk berkontribusi dalam berbagai bidang, termasuk pemerintahan.

“Santri harus percaya diri karena mereka bisa menjadi apa saja. Kita punya contoh nyata, Presiden Indonesia saat ini berlatar belakang santri,” tuturnya.

Dengan keberhasilan lomba ini, diharapkan dapat memotivasi santri untuk terus belajar dan berinovasi, serta memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.

Peringatan Hari Santri juga menjadi refleksi bagi seluruh santri di Indonesia untuk terus berjuang dan berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur.

Penulis: Hasnawati
Editor: Dezwan

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti