spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wabup Gamalis Tutup Perlombaan Perahu Panjang, Nilai Miliki Sejarah


TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau, Gamalis menutup perlombaan perahu panjang yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, di Tepian Segah, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Tanjung Redeb pada Selasa (17/9/2024).

Perahu panjang yang memiliki nilai sejarah di Kabupaten Berau ini, merupakan warisan leluhur, yang kata Gamalis perlu dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya.

“Melalui lomba ini dapat menguatkan persaudaraan kita warga Berau, kita semua saudara dan memiliki harapan yang sama yaitu memajukan Berau,” terangnya.

Dirinya mengatakan, melalui event perlombaan perahu panjang ini, menjadi momen dan kesempatan menonton serta hiburan bagi masyarakat. Terlebih, jadi ladang bagi pelaku UMKM mencari nafkah.

“Sekaligus jadi perputaran roda perekonomian UMKM dan silaturahmi kita semua,” ungkapnya.

Sebagai wilayah yang diapit oleh dua sungai besar, Sungai Kelay dan Sungai Segah, perahu panjang punya sejarah dan cerita panjang di Berau. Sekaligus menjadi sebuah adat dan tradisi di Berau yang rutin dilaksanakan.

“Ini sudah menjadi adat dan budaya yang selalu kita lestarikan,” paparnya.

BACA JUGA :  Hadiri Pagelaran Seni Budaya Paqenoq Tawai, Bupati Berau: Lestarikan Adat Istiadat dan Kebudayaan

Dirinya pun mengajak masyarakat turut serta menjaga kebersihan sungai di Berau. Sebagaimana sungai ini menjadi rumah untuk kelestarian perahu panjang agar bisa dinikmati secara terus menerus oleh generasi seterusnya.

“Jadi sungai kita sebagai salah satu kekayaan bagi warga Berau, saya pun mendorong peran serta berbagai pihak,” ujarnya.

Gamalis melihat potensi besar pada perahu panjang, harus dimanfaatkan untuk menjadi pemacu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki.

“Kita niatkan membangun Kabupaten Berau yang sejahtera insyaAllah Berau akan bergerak ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti