spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung Ketahanan Pangan, 41 Ton Beras Disalurkan ke 48 Kampung di Kubar

KUTAI BARAT – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) menerima 41 ton beras cadangan pangan dari Pemprov Kaltim. Bantuan ini diserahkan langsung Pejabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Bongan pada Jumat (18/10/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kubar, Rion, menjelaskan bahwa beras tersebut akan didistribusikan ke 12 kecamatan dan 48 kampung yang termasuk dalam kategori daerah rawan pangan.

“Bantuan ini diprioritaskan untuk daerah yang masuk dalam prioritas satu, dua, dan tiga terkait rawan pangan,” ujar Rion kepada Media Kaltim saat ditemui di kegiatan Hari Pangan Sedunia di Alun-Alun Itho, Sabtu (19/10/2024).

Lebih lanjut, Rion mengungkapkan bahwa saat ini distribusi beras sudah dilakukan di enam kecamatan, dan sisanya akan diselesaikan dalam satu atau dua hari ke depan. “Jika tidak hari ini, besok sudah selesai kami distribusikan, dan ini akan segera dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Selain itu, Rion juga menjelaskan mengenai pembangunan Lumbung Pangan di Kutai Barat, yang merupakan bagian dari kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung ketahanan pangan. “Bupati Kubar telah menetapkan Kecamatan Bongan sebagai salah satu kawasan sentral pertanian. Lumbung Pangan di Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, telah dibangun sejak tahun 2023,” jelasnya.

BACA JUGA :  Realisasi Investasi di Kutai Barat Lampaui Target Tahun 2023 Hingga 148,80 Persen

Tahun ini, Pemkab Kubar juga akan membangun lumbung pangan di Kampung Geloa Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kampung Intu Lingau, Kecamatan Nyuatan, serta satu kawasan sentral pariwisata di Kecamatan Jempang.

“Tantangan ke depan adalah meningkatkan produksi para petani, dan saat ini produksi sudah mencapai lebih dari 1.000 ton berkat panen yang baru-baru ini dilakukan,” tambah Rion.

Selain itu, untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, Pemkab Kutai Barat telah menyiapkan gerakan pangan murah sebanyak 32 kali, dimulai hari ini hingga Desember 2024. “Gerakan pangan murah ini dilaksanakan di 16 kecamatan, dan hari ini dimulai di Alun-Alun Itho. Kegiatan selanjutnya akan digelar di halaman Kodim 0912 Kubar pada 24-25 Oktober,” tutupnya. (adv-diskominfo-kubar)

Pewarta: Ichal
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti