spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Minimnya SDM dan Akses Warga, Jadi Faktor Keterlambatan Pengoperasian Terminal

BONTANG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Abdul Rahman mengungkapkan ada beberapa hal yang membuat terminal Kota Bontang telat beroperasi.

Di antaranya, kurangnya tenaga kerja di terminal tersebut dan masih terdapat akses langsung antara terminal.  Rumah warga yang belum ditutup sebagai salah satu SOP sebuah terminal.

“Beberapa masyarakat masih ingin ada akses keluar masuk ke terminal tersebut,” terangnya saat dihubungi, Senin (14/10/2024).

Pihaknya masih berusaha berkoordinasi dengan Polres Bontang dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisi kepada beberapa warga tersebut untuk diberi pengertian bahwa pintu keluar-masuk terminal hanya ada satu.

Kemudian, pihaknya juga melakukan MoU kepada Dinas Perhubungan Kota Bontang terkait kuranngnya personel, di mana dibutuhkan sebanyak 12 orang pesonel petugas pelayanan di terminal, dan saat ini sedang dalam proses.

Kepala Seksi Angkutan, Wely Sakius Suwignyo mengatakan bahwa pintu yang langsung menuju ke pemukiman itu digunakan untuk warga berjualan, namun terkait penutupan itu adalah kewenangan dari provinsi.

BACA JUGA :  Tradisi Pembersihan Pusaka: Upaya Panji Beber Lestarikan Budaya Bontang

“Kalau mereka mau tutup tentu itu dari mereka lagi,” terangnya.

Terkait MoU, pihaknya bersama provinsi masih melakukan pembahasan lebih lanjut. Tidak hanya melakukan pembahasan tenaga kerja, namun juga tentang pembagian hasil dari terminal tersebut.

“Nanti kami akan bahas persenannya berapa yang kita dapat dan berapa yang mereka dapat, kemudian UMKM-nya juga,” katanya.

Pihaknya akan melakukan pertemuan pada akhir bulan ini, jika dalam negosiasi telah sesuai dengan keinginan, maka dalam waktu dekat terminal tersebut dapat segera dioperasikan.

“Nanti bus yang di simpang sana kita tarik lagi, jadi mereka beroperasi kembali di terminal,” Tutupnya.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.