spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Kutai Barat Tekankan Pentingnya Jaga dan Pelihara Fasilitas yang Telah Dibangun

KUTAI BARAT – Bupati Kutai Barat, FX Yapan, didampingi Asisten I Setdakab Kutai Barat, Faustinus Syadirahman, serta sejumlah pejabat lainnya, meresmikan Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Lambing, Kecamatan Muara Lawa, Jumat (11/10/2024). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita di pintu masuk gedung tersebut.

Dalam sambutannya, Petinggi Kampung Lambing, Tawau, menjelaskan bahwa pembangunan Gedung BPU ini merupakan salah satu dari empat proyek fisik yang dilaksanakan Pemerintah Kampung Lambing pada tahun 2024. Gedung BPU yang terbuat dari kayu ulin ini dibangun dengan anggaran Anggaran Dana Kampung (ADK) sebesar lebih dari Rp400 juta. Gedung berukuran 4×8 meter dan terdiri dari dua lantai.

Selain pembangunan gedung, kampung juga melaksanakan beberapa proyek lain, termasuk penimbunan jalan tani dengan anggaran lebih dari Rp100 juta, rehab jembatan tani dengan anggaran Rp20 juta lebih, serta rehab jembatan di RT.05 yang menghubungkan jalan kampung ke jalan Trans Kaltim, yang didanai melalui Dana Desa (DD) sebesar Rp40 juta.

Bupati FX Yapan, dalam kesempatan tersebut, menekankan pentingnya menjaga dan memelihara fasilitas yang telah dibangun. “Gedung ini milik bersama warga Kampung Lambing. Saya harap gedung ini dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Jangan sampai bangunannya bagus, tapi tidak terawat,” ujar Bupati kepada pewarta usai peresmian.

BACA JUGA :  47 Pengurus BPK se-Kecamatan Bentian Besar Dilantik

Bupati juga membahas progres pembangunan infrastruktur di Kecamatan Muara Lawa. Ia menyampaikan bahwa dari delapan kampung di kecamatan tersebut, hanya Kampung Begai yang infrastrukturnya belum sepenuhnya terhubung. Pembangunan jalan menuju Kampung Lotaq dari batas Kampung Begai sedang dikerjakan dan direncanakan selesai pada 2026. “Ini sudah masuk dalam perencanaan dan akan dieksekusi melalui anggaran di tahun berikutnya,” jelasnya.

Terkait masalah listrik, Bupati juga menyebutkan koordinasi yang telah dilakukan dengan General Manager PLN di Balikpapan. Kampung Lotaq dan beberapa kampung lainnya menjadi prioritas dalam proyek penyambungan listrik, dan ia berharap pembangunan ini dapat dilanjutkan oleh Bupati yang terpilih pada Pilkada 2024.

Bupati FX Yapan mengakhiri sambutannya dengan pesan kepada warga Kecamatan Muara Lawa, menekankan bahwa mereka adalah bagian dari keluarganya. “Kita hidup ini harus berbuat, tidak boleh kita hidup tanpa melakukan apa-apa,” pungkasnya. (adv-diskominfo-kubar)

Pewarta: Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti