spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

AKD DPRD Kaltim Belum Terbentuk, Pokja Tatib Bekerja Maraton

BALIKPAPAN – Kelompok Kerja (Pokja) Tata Tertib (Tatib) DPRD Kaltim menggelar rapat kerja maraton pada 10-12 Oktober 2024 di Hotel Jatra Balikpapan.

Rapat ini dilakukan sebagai langkah percepatan penyusunan tata tertib, yang menjadi dasar acuan tugas-tugas DPRD Kaltim ke depan.

Ketua Pokja, Sarkowi V Zahry, menjelaskan bahwa rapat kerja ini merupakan tindak lanjut dari mandat yang diberikan oleh seluruh anggota DPRD Kaltim kepada Pokja Tatib. Hal ini dikarenakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti komisi dan badan, belum terbentuk.

“Pokja Tata Tertib ini bertugas menyusun tata tertib DPRD yang akan menjadi acuan dalam menjalankan tugas DPRD Kaltim nantinya,” ungkap Sarkowi, politisi dari Fraksi Golkar.

Agenda rapat kali ini, menurut Sarkowi, membahas substansi tata tertib berdasarkan hasil kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia serta arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Meski begitu, secara umum dasar hukum dalam penyusunan tata tertib tidak mengalami perubahan signifikan.

Penyusunan tetap merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, serta Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 yang telah diubah dengan Permendagri Nomor 120 Tahun 2018.

BACA JUGA :  Jalin Kemitraan, Strategi Pemprov Kaltim Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

“Kami berupaya menyesuaikan dan mengakomodasi usulan dari rekan-rekan selama sesuai dengan ketentuan. Selain itu, kami juga merumuskan kearifan lokal yang dapat dituangkan dalam tata tertib, semuanya demi meningkatkan kinerja anggota DPRD Kaltim,” tambahnya.

Terkait target waktu, Sarkowi menyampaikan bahwa terdapat penambahan waktu dari rencana semula. Laporan akhir yang sebelumnya ditargetkan selesai pada 17 Oktober 2024, kini diperpanjang hingga 28 Oktober 2024.
Beberapa agenda penting masih perlu dilakukan, seperti rapat koordinasi dengan Pokja lainnya, sosialisasi rancangan tata tertib kepada seluruh anggota DPRD Kaltim, serta konsultasi ke Kemendagri untuk finalisasi.

“Semoga semua proses berjalan lancar, dan setelah tata tertib selesai, kami akan segera mempersiapkan pembentukan alat kelengkapan DPRD Kaltim,” tutup Sarkowi. (MK)

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.