spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Camat Bentian Besar Sebut Masih Ada Tantangan Pembangunan Infrastruktur


KUTAI BARAT – Sebanyak 47 pengurus Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) se-Kecamatan Bentian Besar secara resmi dilantik oleh Camat Bentian Besar, Rudi Hartono, pada Kamis (10/10/2024).

Acara yang berlangsung di Lamin LOU Bentian, Kampung Dilang Putih ini dirangkaikan dengan peresmian kegiatan yang bersumber dari Dana Desa (DD), Anggaran Dana Kampung (ADK), dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Barat, serta penyerahan mobil pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Kutai Barat FX Yapan, Wakil Bupati H. Edyanto Arkan, Asisten I Setdakab Faustinus Syaidirahman, Asisten III Setdakab Yuli Permata Mora, Kepala Dinas Pariwisata Yuyun Diah Setiorini, Kepala Disperindagkop Uji Rinjani, Kepala DPMK Erik Victory, dan Kapolsek Bentian AKP Iriyanto.

Dalam sambutannya, Camat Rudi Hartono memaparkan bahwa Kecamatan Bentian Besar terdiri dari 9 kampung dan 22 RT dengan total 943 Kepala Keluarga (KK) dan jumlah penduduk sebanyak 3.252 jiwa.

“Sebagian besar penduduk di sini bekerja sebagai petani ladang, kebun, peternak, pedagang, dan karyawan perkebunan serta tambang,” ujar Rudi.

BACA JUGA :  Petrus Tegaskan: Surat Silpa Hoaks, Keabsahan Surat dan Angka Tidak Sesuai

Rudi juga menyoroti dukungan pemerintah melalui ADD, ADK, dan APBD Kabupaten Kutai Barat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Program bantuan ternak, alat pertanian, bibit, pupuk, serta modal usaha bagi BUMKA dan kelompok usaha masyarakat sudah berjalan, meski belum mencapai hasil yang maksimal.

“Masih ada tantangan infrastruktur, terutama jalan menuju Kampung Anan Jaya yang sulit dilalui saat hujan. Namun, pemerintah sudah berupaya membangun jalan kampung melalui ADD dan ADK,” jelas Rudi.

Ia juga berterima kasih kepada Bupati Kutai Barat atas pembangunan jaringan listrik PLN yang sudah menjangkau 7 kampung di Bentian Besar, meskipun dua kampung, yaitu Jelmu Sibak dan Anan Jaya, masih belum teraliri listrik karena kondisi jalan yang belum memadai.

Camat Bentian Besar juga menegaskan pentingnya dukungan teknis dari pemerintah untuk melanjutkan pembangunan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, dan keagamaan. “Pengukuhan 47 ketua dan anggota BPK dari 9 kampung di Kecamatan Bentian Besar ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dengan aparat kampung dalam melayani masyarakat dan menjalankan pembangunan dengan baik,” tutupnya. (adv-diskominfo-kubar)

BACA JUGA :  Hari Pangan Sedunia Jadi Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan: Hari Esok Lebih Baik dari Hari Ini

Pewarta :Ichal
Editor :Nicha R.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti