spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Kubar Tekankan Pentingnya Komunikasi dalam Proses Pembangunan

KUTAI BARAT – Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menghadiri acara pengukuhan 47 Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) se-Kecamatan Bentian Besar pada Kamis (10/10/2024) di Lamin LOU Bentian, Kampung Dilang Putih.

Acara ini juga dirangkaikan dengan peresmian kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD), Anggaran Dana Kampung (ADK), dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Barat, serta penyerahan mobil pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dalam sambutannya, Bupati FX Yapan mengungkapkan bahwa sejak memimpin Kutai Barat bersama Wakil Bupati H. Edyanto Arkan pada 2016, pihaknya fokus pada pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Visi pembangunan kami adalah menciptakan Kutai Barat yang semakin adil, mandiri, dan sejahtera, berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujar FX Yapan.

Bupati juga menegaskan pentingnya koordinasi dan komunikasi dalam proses pembangunan melalui Musrenbang tingkat kampung, kecamatan, hingga kabupaten. Ia berharap dengan adanya pembangunan ini, berbagai kebutuhan masyarakat, terutama di Kecamatan Bentian Besar, dapat terpenuhi.

BACA JUGA :  Bupati Kutai Barat Resmikan Jembatan Penghubung Antar Kampung Lakan Bilem dan Intu Lingau Bupati Kutai Barat Resmikan Jembatan Penghubung Antar Kampung Lakan Bilem dan Intu Lingau

FX Yapan juga menjelaskan sejumlah capaian pembangunan yang dilakukan di Kecamatan Bentian Besar selama masa kepemimpinannya. Kecamatan ini terdiri dari 943 kepala keluarga di 9 kampung dengan total penduduk 3.252 jiwa.

Infrastruktur jalan di beberapa kampung sudah beraspal atau cor beton, sementara di kampung Jelmu Sibak dan Anan Jaya masih berupa jalan tanah.

Dari segi pendidikan, terdapat 8 TK, 9 SD, 2 SMP Negeri, dan 1 SMA Negeri di Bentian Besar. Sementara di bidang kesehatan, telah dibangun Puskesmas Dilang Puti dan 8 pustu (pusat kesehatan desa).

Selain itu, pembangunan lainnya mencakup rehab rumah dokter, pembangunan perpustakaan, serta berbagai proyek pendidikan di SDN di Bentian Besar.

“Kami menyadari bahwa perjalanan pembangunan ini masih belum sempurna, namun kami berharap masyarakat dapat terus bersinergi dengan pemerintah agar pembangunan ini dapat terus berlanjut,” tutup Bupati FX Yapan. (adv-diskominfo-kubar)

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti