spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peri: Menyambut IKN, Berau Harus Benahi Produksi Pangan

TANJUNG REDEB – Sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Berau terus berbenah dalam hal produksi bahan pangan. Hal itu pun didukung Anggota DPRD Berau, Peri Kombong.

Dia menuturkan, dalam produksi bahan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau harus memberikan perhatian lebih ke sektor pertanian.

“Perhatian yang diberikan jangan hanya alat mesin pertanian saja, melainkan juga seperti jalan usaha tani agar memudahkan petani kita mengangkut hasil pertanian,” ujarnya.

Selain itu, Peri juga mendorong adanya bantuan dari pemerintah kepada petani terkait pemasaran. Sebab, hal itu salah satu pemicu kesuksesan produksi pangan.

“Sejauh ini, lahan pertanian yang sudah bagus hasil produksinya itu ada di kampung Buyung-Buyung, Merancang dan Labanan. Untuk menjaga kestabilan hasil produksinya, pemerintah harus fokus dan konsisten dalam memberikan dukungan ke wilayah tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, berkembangnya IKN menjadi peluang pemasaran terbaik bagi hasil pertanian Bumi Batiwakkal. Maka dari itu, Pemkab Berau harus betul-betul memperhatikan kebutuhan petani.

“Salah satu hal yang pernah kami usulkan yaitu untuk mendukung kualitas produksi petani adalah mesin peluruh padi. Fasilitas itu sangat dibutuhkan petani kita untuk meningkatkan hasil pertanian,” bebernya.

BACA JUGA :  Sakirman Minta Venue Eks Porprov Dirawat dan Bonus Atlet Diberikan Tepat Sasaran

Kendati demikian, Politikus Gerindra ini juga berharap agar lahan pertanian semakin luas dan hasil produksinya semakin bagus agar upaya mewujudkan swasembada beras dapat terealisasi.

“Salah satu indikator suksesnya pemerataan pembangunan itu jika hasil pertaniannya mampu dipasarkan keluar daerah, makanya selain fokus menjaga dan meningkatkan kawasan pertanian yang sudah ada, Pemkab juga harus mengembangkanya dikawasan lainnya yang memang juga memiliki potensi,” pungkasnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.