spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Aji Erlynawati: Batik Lokal Berpotensi Tembus Pasar Internasional

BONTANG – Memperingati Hari Batik Nasional, PT Pupuk Kaltim menggelar acara “PKT Gebyar Batik Nusantara 2024” di GOR PKT Bontang, Sabtu (5/10/2024) malam. Acara turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang, Aji Erlynawati, yang memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif pelestarian budaya tersebut.

Aji Erlynawati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pupuk Kaltim atas komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian budaya lokal dan peningkatan ekonomi kreatif melalui batik.

“Atas nama Pemerintah Kota Bontang, saya mengapresiasi inisiatif Pupuk Kaltim yang tidak hanya peduli terhadap pelestarian budaya, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya bagi mitra binaan UKM batik,” ungkap Aji dalam sambutannya.

Menurut Aji, batik tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga potensi ekonomi yang besar. Dengan semakin dikenalnya batik lokal dari Bontang, ia berharap produk-produk batik ini dapat bersaing di pasar nasional hingga internasional.

“Batik bukan sekadar warisan budaya, tetapi juga identitas bangsa. Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk mempromosikan batik sebagai komoditas ekonomi kreatif yang berdaya saing,” tambahnya.

BACA JUGA :  Membanggakan, Wali Kota Bontang Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

Acara yang menampilkan berbagai motif batik dari para pengrajin lokal ini sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan batik sebagai warisan budaya yang tak ternilai. Aji juga menegaskan bahwa pengembangan industri batik dapat menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Bontang.

Selain itu, Aji Erlynawati mengajak seluruh masyarakat Bontang untuk menjaga ketertiban dan proses demokrasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Acara tersebut berlangsung meriah dengan pameran batik dari para pengrajin mitra binaan Pupuk Kaltim yang mendapat perhatian luas dari masyarakat. (adv)

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti