spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TMMD ke-122 Dibuka, Bangun Infrastruktur Pertanian di Kerta Buana

TENGGARONG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 yang berlokasi di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, resmi dibuka pada Rabu (2/10/2024). Upacara pembukaan digelar di Lapangan Desa Kerta Buana dan dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Kukar, Bambang Arwanto.

Bambang menjelaskan bahwa pelaksanaan TMMD ke-122 di Desa Kerta Buana sangat mendukung sektor pertanian di Kukar. Hal ini sejalan dengan cita-cita besar Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Untuk mempercepat pembangunan, terutama di bidang pertanian secara luas, ini sejalan dengan rencana yang sudah kami tetapkan,” ungkap Bambang Arwanto, Rabu (2/10/2024).

TMMD ke-122 merupakan kolaborasi antara Pemkab Kukar dan TNI Angkatan Darat (TNI-AD), khususnya Kodim 0906/Kukar, dalam upaya meningkatkan infrastruktur pertanian di Kukar, terutama di kawasan yang telah ditetapkan sebagai wilayah pengembangan pertanian. Salah satunya adalah Desa Kerta Buana di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Desa Kerta Buana dipilih karena merupakan area pengembangan sektor pertanian, namun masih minim infrastruktur pendukung. Oleh karena itu, intervensi melalui TMMD ini diharapkan dapat mengoptimalkan sektor pertanian, baik pada tahap pra-tanam maupun pasca-panen.

BACA JUGA :  Tentara Indonesia-Amerika Bergantian Tembak Mortir di Samboja

“Kami memiliki lahan sawah yang luas dan ini harus dimanfaatkan secara optimal,” lanjut Bambang.

Selama sebulan ke depan, sejumlah proyek infrastruktur akan dilaksanakan, termasuk pembangunan jalan usaha tani, jembatan penghubung, dan gorong-gorong. “Selain itu, akan ada program lain seperti perbaikan rumah layak huni (RTLH),” tambahnya.

Pembangunan Jalan, Jembatan, dan RTLH

Dengan dukungan anggaran dari Pemkab Kukar sebesar Rp 3,1 miliar, sejumlah infrastruktur pertanian siap dibangun dalam sebulan ke depan. Kegiatan TMMD ke-122 yang akan berakhir pada 31 Oktober mendatang, akan melibatkan Kodim 0906/Kukar bersama masyarakat dan personel Polres Kukar untuk membangun 3,2 kilometer jalan usaha tani.

Selain itu, sebanyak 12 unit jembatan penghubung antar-hamparan, 14 titik gorong-gorong, dan 1 titik DAM air juga akan dibangun. Kegiatan ini juga mencakup pembangunan 4 unit sumur bor untuk sistem pengairan sawah di Desa Kerta Buana, serta 3 unit sumur bor untuk kebutuhan masyarakat.

“Selain itu, akan ada rehabilitasi tiga unit rumah layak huni (RTLH),” ujar Dandim 0906/Kukar, Letkol (Czi) Damai Adi Setiawan.

BACA JUGA :  Bawaslu-Satpol PP Kukar Mulai Tertibkan Ribuan Algaka di Tenggarong

Dalam sebulan ke depan, sebanyak 202 personel gabungan akan mengerjakan proyek TMMD ke-122 di Desa Kerta Buana. Jumlah tersebut terdiri dari 150 personel dari Yon Zipur 17/Ananta Dharma dan Armed 18/Buritkang, 15 personel dari Kodim 0906/Kukar, serta 37 personel dari Polres Kukar.

“Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, mulai dari TNI-AD, pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, hingga pihak swasta,” tutup Damai Adi Setiawan.

Penulis: Muhammad Rafi’i
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.