spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kubar Alokasikan Rp 88 Miliar untuk Sektor Pertanian pada 2024

KUTAI BARAT – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 sebesar Rp 88 miliar untuk mendukung empat sektor utama pertanian, yakni tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan penyuluhan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kutai Barat, H. Sukorilawan, menyampaikan bahwa alokasi anggaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian. “Kami mendukung petani dengan memberikan bantuan bibit, pupuk, dan penyuluhan demi menyukseskan program pertanian di Kutai Barat,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (2/10/2024).

Sukorilawan menjelaskan bahwa Dinas Pertanian memiliki empat bidang utama: Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, dan Penyuluhan. “Keempat bidang ini memiliki peran penting dalam memberikan bantuan kepada para petani, terutama pada tahun 2024,” tambahnya.

Bantuan yang diberikan meliputi bibit tanaman pangan seperti jagung, sayuran, dan palawija. Di sektor perkebunan, dinas telah mendistribusikan bibit karet dan kelapa sawit. Sementara di sektor peternakan, bantuan berupa bibit sapi, kambing, babi, serta ayam buras dan ayam bukan ras juga telah diberikan.

BACA JUGA :  80 Anggota BPK di Kecamatan Siluq Ngurai Dikukuhkan

Selain itu, Dinas Pertanian juga mendukung kelompok petani dengan menyediakan pupuk MBK dan pupuk organik. “Ada sekitar 600-700 kelompok tani binaan Dinas Pertanian di Kutai Barat. Namun, baru sekitar 10 persen dari jumlah tersebut yang bisa mendapatkan bantuan, sehingga masih diperlukan pembinaan lebih intensif ke depannya,” jelas Sukorilawan.

Ia menambahkan bahwa anggaran untuk 2024 difokuskan di 12 kecamatan, meskipun Kutai Barat memiliki 16 kecamatan. Beberapa kecamatan seperti Muara Pahu dan Penyinggahan lebih dominan di sektor perikanan, sedangkan kecamatan lainnya lebih banyak bergerak di bidang perkebunan.

“Kutai Barat dikenal dengan dominasi perkebunannya, baik itu karet, sawit, cokelat, maupun lada. Oleh karena itu, pemerintah terus mendukung produksi petani melalui pembangunan infrastruktur seperti jalan baru dan peningkatan badan jalan,” pungkas Sukorilawan. (diskominfokubar/adv)

Pewarta: Ichal
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.