spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo Kutai Barat dan Telkom University Jalin Kerja Sama Pengembangan SPBE

BANDUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Barat melakukan kunjungan resmi ke Telkom University Bandung untuk menjajaki peluang kerjasama dalam pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kunjungan yang bertujuan meningkatkan efektivitas tata kelola SPBE di Kutai Barat ini berlangsung di Gedung Bangkit lantai lima Telkom University, Rabu (25/9/2024).

Kepala Dinas Kominfo Kutai Barat, Rustam, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan langkah strategis dalam membangun kerja sama yang lebih luas dengan Telkom University, tidak hanya dalam aspek teknologi tetapi juga pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.

“Kami berharap kerja sama ini dapat membantu Kutai Barat dalam mengatasi tantangan geografis yang luas dan kompleks, serta meningkatkan layanan pemerintahan secara elektronik,” ujar Rustam.

Dengan wilayah yang terdiri dari 16 kecamatan dan jarak antar kampung yang cukup jauh, Kutai Barat menghadapi kendala dalam mengintegrasikan layanan pemerintah. Rustam menambahkan, dukungan inovatif dari Telkom University diharapkan mampu memberikan solusi untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik, terutama di daerah terpencil.

BACA JUGA :  85 Pengawas TPS Barong Tongkok Resmi Dilantik

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kutai Barat, Budi Eka Prasetya, menambahkan bahwa kunjungan ini juga membahas potensi kerjasama untuk mengkaji arsitektur dan perencanaan SPBE yang lebih komprehensif.

“Ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga membangun sistem pemerintahan yang lebih transparan, efisien, dan akuntabel,” ujarnya.

Mahamad Ridwan Noor, Kepala Bagian Kerjasama Telkom University, menyampaikan apresiasinya atas kunjungan ini dan menyatakan kesiapan universitas untuk mendukung pengembangan SPBE di Kutai Barat.

Telkom University akan membantu dalam penyusunan kerangka arsitektur SPBE, memastikan bahwa implementasi sesuai dengan regulasi dan standar nasional.

“Kami siap memberikan bimbingan administrasi maupun teknis, serta mengirimkan tim ke Kutai Barat untuk memantau proyek dan memberikan pelatihan kepada tim lokal,” tuturnya.

Kerja sama ini akan diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara kedua pihak. Diharapkan, melalui kolaborasi ini, Kabupaten Kutai Barat dapat menjadi salah satu kabupaten terdepan dalam penerapan SPBE yang modern dan efisien, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya.

Pewarta: Ichal
Editor   : Nicha R

BACA JUGA :  234 Pendekar Disahkan Jadi Warga Baru Tingkat I Perguruan PSHT Cabang Kubar Pusat Madiun
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti