spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Nilai Sektor Pertanian Belum Tunjukkan Peningkatan yang Signifikan

TANJUNG REDEB – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau di sektor pertanian dianggap monoton hingga saat ini oleh Anggota DPRD Berau, Sujarwo Arif Widodo.

Politisi Partai NasDem ini menyebut, hingga kini sektor tersebut belum menunjukkan peningkatan signifikan. Faktornya, kurangnya program yang mampu membuat para petani mandiri.

“Banyak sebenarnya bantuan yang diberikan (Pemkab Berau) untuk para petani, seperti alsintan, pemberian bibit cabe, jagung dan lainnya. Tapi, semua itu belum bisa membuat petani kita mandiri,” ucapnya.

“Karena untuk pupuk saja harganya masih tinggi, sehingga harga jual hasil jualnya tentu tinggi,” sambungnya.

Sebenarnya, kata dia, Pemkab Berau bisa melakukan program kemandirian para petani, misalnya dengan mendatangkan tenaga ahli dari luar Berau, yang bisa melatih para petani untuk membuat pupuk sendiri. Hal ini akan membuat petani mandiri kedepannya.

Pun dengan sektor perikanan. Dikatakan Sujarwo, Berau masih kalah jauh dengan daerah lain karena harga jual ikannya yang mahal. Ini tentu saja karena harga pangan ikan yang harus dibeli juga mahal.

BACA JUGA :  Tidak Ada Hotel Bintang 5 di Berau, Falentinus Minta Perda Minol Direvisi

“Sama seperti petani tadi, tentunya bisa juga pembubidaya ikan ini diberikan bekal keterampilan membuat pakan ikan sendiri. Sehingga nanti tidak perlu lagi membeli pakan dari luar. Dan harga jual ikan baik di dalam Berau juga akan ikut menurun,” ucapnya.

Dirinya berharap, Pemkab Berau yang notabenenya sudah memiliki visi misi Bupati Wabup membuat masyarakat maju dan sejahtera, bisa mengusahakan program kemandirian yang dimaksud, apalagi kepala daerah juga sudah dibekali kewenangan untuk mengambil kebijakan.

“Sehingga, diharapkan untuk OPD terkait dengan pertanian, perkebunan, perikanan dan UMKM, bisa berperan besar dalam hal ini. Bangun sebuah program yang di dalamnya akan memberikan skill bagi masyarakat, agar mereka bisa mandiri,” tutupnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.