spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung UMKM Mandiri, PAMA INDO dan LPB PBB Gelar Pelatihan Public Speaking

BONTANG – Meningkatkan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), LPB Pama Bessai Berinta (LPB PBB) bekerja sama dengan BOTA Public Speaking menggelar pelatihan public speaking bagi UMKM Mitra Binaan PT Pamapersada Nusantara Distrik INDO (PAMA INDO) dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Kegiatan ini berlangsung pada 17 September 2024 lalu di Gedung Inkubator Bisnis Permata Bunda, Bontang, dan diikuti oleh 11 peserta yang fokus pada UMKM berstatus mandiri.

Pelatihan ini dipimpin oleh Instruktur BOTA Public Speaking, Anggi V Goenadi, dengan tujuan membekali para pelaku UMKM keterampilan public speaking yang dianggap sangat penting dalam memperluas jaringan bisnis, menarik investor, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam dunia usaha yang semakin kompetitif, kemampuan berbicara di depan umum dianggap sebagai salah satu kunci sukses untuk meningkatkan skala bisnis dan membangun personal branding.

Mengapa Public Speaking Penting bagi UMKM?

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Menjalin Relasi dengan Investor
  2. Menarik Peluang Kolaborasi melalui Business Matching
  3. Berbagi Ilmu dan Menginspirasi Masyarakat
  4. Memperkuat Personal Branding
  5. Meningkatkan Kemampuan Negosiasi
BACA JUGA :  Konser Perdana Abang Poteh A.J.A Berlangsung Meriah bersama Gildcoustic

Antusiasme terlihat jelas dari para peserta, termasuk Dewi S. Lestari, salah satu produsen terasi mandiri dengan merk “Terasi Om Baen”.

Dewi mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan skala bisnis melalui kolaborasi. “Pelatihan ini sangat berguna, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri kami dalam meyakinkan calon kolaborator dan berbagi ilmu dengan UMKM lain,” katanya.

Sementara itu, Yasser Pramana, Department Head CSR PT Pamapersada Nusantara Distrik INDO, berharap agar UMKM Mitra Binaan PAMA INDO dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lain di wilayah kerja perusahaan dan di seluruh Indonesia. “Kami berharap para UMKM ini dapat membantu meningkatkan kapasitas UMKM lainnya,” ujarnya.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, tetapi juga untuk membekali pelaku UMKM dengan keterampilan negosiasi yang baik. Public speaking menjadi salah satu keterampilan penting yang mampu memberikan keunggulan kompetitif, sehingga UMKM dapat tumbuh lebih cepat dan bersaing di pasar yang lebih luas.

PT Pamapersada Nusantara Distrik INDO bersama BOTA Public Speaking berkomitmen penuh untuk terus mendukung pengembangan UMKM, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. (adv)

BACA JUGA :  HUT RSUD Bontang ke-21, Bakal Launching Penilaian Kebugaran bagi Karyawan

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti