spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Raih 46,4 Persen Pendengar, RRI Diklaim Dominasi Pasar Radio Nasional

JAKARTA – Radio Republik Indonesia (RRI) berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu stasiun radio terpopuler di Indonesia. Berdasarkan survei terbaru dari Nielsen Audience Measurement yang dirilis pada 9 September 2024, RRI mencatatkan jumlah pendengar nasional sebesar 46,4 persen dalam enam bulan terakhir.

Angka ini menempatkan RRI jauh di atas radio-radio lainnya yang hanya memperoleh kurang dari 5 persen pendengar.

Survei yang dilakukan pada Juli – Agustus 2024 tersebut melibatkan 3.777 responden dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera, Papua, Maluku, dan Jawa Timur. Dominasi RRI terlihat di hampir seluruh provinsi, dengan jumlah pendengar yang terus meningkat.

Dalam survei yang sama, tercatat pula  bahwa 68 persen pendengar RRI aktif mendengarkan stasiun radio ini setiap minggu. Sebanyak 70 persen dari pendengar menyatakan bahwa konten berita dan informasi menjadi yang paling mereka sukai, sementara 62 persen lainnya lebih memilih konten hiburan.

“Konten berita yang selalu terupdate dan acara yang menarik menjadi alasan utama pendengar setia kami,” ungkap Hendrasmo, Direktur Utama RRI di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

BACA JUGA :  Hutama Karya Optimis Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A Rampung Tahun Depan

Berdasarkan data survei, 52,9 persen pendengar mendengarkan RRI untuk mengetahui berita terbaru, sedangkan 44,7 persen mengaku tertarik dengan acara-acaranya yang menarik.

Selain itu, faktor lain seperti sinyal yang jernih (27,8%) dan kualitas penyiar yang baik (25,1%) turut berperan dalam keberhasilan RRI mempertahankan pendengarnya.

RRI tidak hanya unggul di platform radio konvensional, tetapi juga sukses melakukan transformasi digital. Dengan mengadopsi lima pilar multiplatform—Radio, RRI News, RRI Digital, Media Sosial, dan Komunitas—RRI berhasil meningkatkan posisinya di dunia digital. Menurut Similarweb, portal berita rri.co.id kini berada di peringkat 30 besar portal berita online di Indonesia, naik dari posisi 267 tahun lalu.

“Ini pencapaian luar biasa bagi kami. Tahun lalu, peringkat kami masih di atas 200, dan kini berhasil masuk 30 besar,” kata Hendrasmo.

Ke depan, RRI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas konten dan memperkuat kapasitas sumber daya manusia, guna menjaga relevansi di tengah perubahan lanskap media yang semakin dinamis.

Pewarta : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img