spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buka Seminar Inventarisasi SDA Mahulu, Bupati Bonifasius Dorong Pembangunan Berkelanjutan

SAMARINDA – Bupati Kabupaten Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, resmi membuka Seminar Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Inventarisasi Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Mahulu Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Crystal Ballroom Mercure Hotel Samarinda, pada Selasa (10/9/2024), dan dihadiri oleh Kepala OPD, camat, serta perwakilan dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahulu.

Seminar tersebut diselenggarakan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemkab Mahulu bekerja sama dengan Tenaga Ahli dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) yang menyusun dokumen inventarisasi SDA.

Dalam sambutannya, Bupati Bonifasius menegaskan pentingnya kegiatan inventarisasi SDA ini, yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Inventarisasi ini adalah langkah awal yang mendasar bagi kita, untuk memastikan bahwa potensi alam Mahulu dapat dipetakan secara tepat demi mendukung perencanaan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Bonifasius.

Bupati juga menjelaskan bahwa pemetaan SDA dan lingkungan hidup di Kabupaten Mahulu mencakup berbagai elemen alam, termasuk topografi wilayah, unsur-unsur alam, serta infrastruktur buatan manusia.

BACA JUGA :  Pemkab Mahakam Ulu Ingatkan ASN Pentingnya  Menjaga Keamanan Data di  Era Digital

“Inventarisasi ini akan menjadi fondasi utama dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berbasis data yang akurat,” tambahnya.

Mengacu pada Pasal 6 ayat (2), Pasal 7 ayat (2), dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, Bupati Bonifasius menegaskan bahwa inventarisasi ini memiliki peran krusial dalam mengumpulkan data dan informasi terkait SDA yang dimiliki Mahulu.

“Kita perlu mengetahui daya dukung alam kita, menjamin ketersediaan sumber daya alam secara berkelanjutan, dan menyusun rekomendasi pengelolaan yang tepat,” tegasnya.

Bupati berharap, melalui hasil kajian ini, akan dihasilkan data yang terukur, akurat, dan akuntabel. Ia menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar pihak untuk mewujudkan hasil yang optimal.

“Proses panjang ini harus melibatkan diskusi, kerja sama, dan komitmen dari semua pihak,” ujarnya menutup sambutannya.

Dalam acara ini, hadir pula Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Lung, beserta Tenaga Ahli dari Fakultas Pertanian Unmul, di antaranya Dana Adisukma, Fajar Alam, Idris Mandang, Hadi Pranoto, dan Midiansyah Effendi. Selain itu, sejumlah Kepala OPD dan camat dari lingkungan Pemkab Mahulu juga turut hadir.

BACA JUGA :  Imbauan Bawaslu Mahulu : Tertib Patuhi Aturan selama Masa Kampanye!

Pewarta: Ichal
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img