spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tutup FHBN 2024 di PPU, Kemenko PMK Tekankan Pentingnya Budaya Lokal untuk Menopang Pembangunan IKN

PPU – Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Warsito menutup Festival Harmoni Budaya Nusantara 2024 yang digelar di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) dari tanggal 5-7 September 2024.

Ia mengatakan dalam pembangunan manusia dan kebudayaan akan menopang kemajuan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sangat pesat nantinya. Sehingga perkembangannya harus seiring dan selaras dengan perkembangan pembangunan manusianya.

“Aspek yang paling fundamental di dalamnya adalah pendidikan maka pendidikan yang baik adalah pendidikan yang bisa menempatkan di dalamnya aspek kebudayaan berkarakter,” paparnya usai menutup FHBN 2024 pada Sabtu (07/09/2024), malam.

Warsito mengatakan penyelenggaraan FHBN sejatinya merupakan spirit yang menjadi bagian untuk penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait pentingnya pembangunan budaya. Bukan hanya seni musik dan lainnya, namun jauh lebih penting kepada substansinya kepada masyarakat PPU yang harus tumbuh seiring dengan peradaban kebudayaan dan kemajuan IKN.

“Pembangunan manusia ini harus akselerasi jauh lebih cepat ketimbang infrastruktur. Mari kita dukung PPU secara khusus menyiapkan itu dan kita akan selalu mendampingi,” tegasnya.

BACA JUGA :  Simpan Sabu di Dasbor Motor, Gadis di Petung Diringkus Polisi

Selain itu, FHBN menurut Warsito menjadi bukti bahwa budaya lokal yang berada di PPU harus menopang IKN. Sehingga dalam perspektif mental masyarakat juga harus dibangun.

“Maka semangat Nusantara ini adalah semangat persatuan yang juga harus muncul agara masyarakat kabupaten dan kota penyangga IKN ini juga terbuka menyambut orang. Kemudian, dengan berbagai perbedaan juga tetap bersatu dan tertib. Gerakan ini lah yang harus tumbuh dan membudaya di peradaban kita, sehingga benar-benar menjadi wujud nyata karakter bangsa kita,” pungkasnya. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img