spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pokdarwis Boba dan Akademisi Unmul Kolaborasi Ciptakan Kuliner Olahan Buah Mangrove

BONTANG – Universitas Mulawarman bersama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Bontang Baru melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Berbahan Buah Mangrove sebagai Produk Oleh-Oleh Unggulan Khas Bontang.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bontang Mangrove Park, TN Kutai, Minggu (8/9/2024) dan dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari ibu rumah tangga di kelurahan tersebut.

Inovasi ini diajukan oleh Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unmul, Karera Aryatika. Ia berkoordinasi dengan Ketua Pokdarwis Kelurahan Bontang Baru untuk memanfaatkan buah mangrove menjadi berbagai macam produk olahan.

Inovasi pengelolaannya dengan mengubah buah mangrove menjadi sebuah makanan dan minuman. “Dari 16 jenis mangrove, jenis sonneratia, seperti sonneratia ovata, sonneratia caseolaris dan sonneratia alba. Saat ini kami pakai yang sonneratia ovata,” terangnya.

Adapun produk tersebut akan diolah menjadi menjadi sirup, kerupuk, dodol juga selai. Karena telah melakukan penelitian pada buah mangrove. Hasilnya buat tersebut tinggi serat, antioksidan yang tinggi serta karbohidrat yang tidak kalah banyak.

BACA JUGA :  Tim Basri-Chusnul Datangi KPU Bontang Sampaikan Keinginan Daftar Bacalon Independen

“Jadi buahnya sering saya liat hanya jatuh, dan jadi makanan burung atau hewan lain, setelah saya cari tahu ternyata kandungannya baik dikonsumsi,” katanya.

Ketua Pokdarwis I Gede Astriawan mengatakan bahwa ini adalah potensi baru selain produk-produk unggulan Kota Bontang yang biasanya menghasilkan produk dari hasil laut. Karena di Bontang juga terdapat pesisir, dan memiliki banyak pohon mangrove jadilah inovasi tersebut.

“Kalau untuk sirup mangrove setahu saya Bontang sudah ada ya, kita kejar produk lainnya” katanya.

Seperti gami bawis, semua bisa masak gami bawis, tapi produk tersebut terkenal sebagai produk dari Bontang Kuala. Ia ingin produk olahan yang akan di sosialisasikan saat ini kedepannya menjadi produk yang terkenal di wilayah Bontang Baru.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img