spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dikebut! Landasan Pacu Bandara IKN Rampung 2 Hari Lagi, Siap Layani Pendaratan Jokowi

NUSANTARA – Persiapan penyelesaian Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim semakin mendekati tahap akhir. Landasan pacu yang menjadi fasilitas vital di bandara tersebut akan rampung dalam dua hari ke depan, sehingga pesawat Presiden Joko Widodo diperkirakan sudah bisa mendarat pada awal minggu depan.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, menjelaskan bahwa pihaknya sedang mempercepat pengerjaan landasan pacu tahap pertama sepanjang 2.200 meter.

Meskipun gedung terminal belum selesai, landasan pacu ini sudah cukup untuk mendukung penerbangan dan pendaratan pesawat.

“Dalam 2-3 hari ke depan, insya Allah landasan pacu sepanjang 2.200 meter akan siap. Gedung terminal memang belum selesai, tapi landasan pacu sudah bisa digunakan,” kata Danis, Minggu (8/9/2024).

Meskipun terminal bandara masih dalam tahap pengerjaan dengan progres sekitar 60%, pesawat Kepresidenan Indonesia-1, yang merupakan Boeing Business Jet (BBJ-2), dipastikan dapat mendarat di Bandara IKN begitu landasan pacu selesai.

Danis menyebut bahwa uji coba sebelumnya dengan panjang landasan 1.100 meter sudah berhasil, sehingga dengan penambahan panjang hingga 2.200 meter, pesawat tersebut bisa mendarat dengan aman.

BACA JUGA :  Apartemen Dibangun Juni 2023, Sebanyak 16.990 ASN Pindah ke IKN

Selain itu, persiapan navigasi, termasuk pemasangan lampu dan peralatan keselamatan penerbangan lainnya, juga tengah dilakukan. Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi untuk memastikan kesiapan bandara ini menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo, yang direncanakan akan berkantor di IKN selama 40 hari, mulai dari 10 September hingga 19 Oktober 2024.

“Fasilitas pendukung lainnya seperti navigasi dan lampu juga sedang kami siapkan. Dalam beberapa hari ke depan, kami pastikan bandara siap untuk digunakan,” tambah Danis.

Pesawat berbadan sempit seperti pesawat kepresidenan dapat mendarat di landasan pacu sepanjang 2.200 meter ini. Namun, untuk pesawat berbadan besar, dibutuhkan perpanjangan landasan hingga 3.000 meter, yang direncanakan dalam tahap pembangunan berikutnya.

Sumber : Detik.com

Editor : Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img