spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Usai Tes Kesehatan, KPU Bontang Akan Teliti Syarat Administrasi Bapaslon

BONTANG – KPU Bontang telah melaksanakan pemeriksaan bagi Bakal Pasangan Calon (Bapaslon). Ini sesuai waktu pelaksanaan tes kesehatan. Setelahnya, KPU akan melakukan penelitian syarat administrasi sebagai bagian dari pendaftaran, syarat administrasi sampai penetapan.

“Tes kesehatan merupakan satu rangkaian dari syarat administrasi dari pendaftaran hingga penetapan,” kata Roby beberapa waktu lalu.

Roby menyebutkan setelah RSUD Taman Husada menyerahkan hasil. Maka akan dilihat sebagai layak atau tidak layak dalam hasil tes kesehatan.

Ini juga telah sesuai dengan PKPU 1090 tahun 2024 tentang pedoman teknis dalam pemeriksaan kesehatan dalam Pilkada 2024. “Nanti mengacu pada PKPU 1090 tahun 2024 ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi semua Bapaslon,” jelas Roby.

Hasilnya akan diterima KPU Bontang sesuai kesimpulan yang diberikan dari RSUD Taman Husada Bontang. “Penting di KPU tidak ada yang terdeteksi narkoba. Karena untuk memastikan Bapaslon tidak ada terdeteksi narkoba. Tidak ada tawar-menawar,” ungkapnya.

Selain itu, Roby juga mengatakan akan melakukan penelitian terkait administrasi seperti keaslian ijazah yang dimiliki Bapaslon. “Dari tanggal 6-8 September 2024 ada tahapan perbaikan. Nanti kita juga akan lakukan verifikasi ijazah khususnya SMA. Itu akan dicek ke sekolah misal sekolahnya di Kota Bontang,” terang Roby.

BACA JUGA :  Wali Kota Bontang Datangi ESDM, 11 Ribu Sambungan Jargas Gratis di 2025

Penulis: Yahya Yabo
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti