spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masih Sepi, Hari Pertama Pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda 

SAMARINDA – Pembukaan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda yang dipusatkan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda Jalan Ir H Juanda pada hari pertama, Selasa (27/8/2024) belum diwarnai oleh kehadiran satu pun pasangan calon.

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat, menyampaikan bahwa hingga pukul 14.00 Wita, belum ada pasangan calon yang mendaftar.

“Sampai jam 2 siang ini belum ada yang mendaftar. Kami dari KPU Kota Samarinda tetap siap sedia menerima kapanpun pendaftaran dilakukan. Untuk hari pertama dan kedua, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00. Pada hari terakhir, yaitu tanggal 29, layanan akan dibuka sampai pukul 23.59,” ungkap Firman.

Firman juga berharap agar tim penghubung pasangan calon dapat berkomunikasi dengan KPU sehari sebelum mendaftarkan calonnya untuk berkonsultasi terkait pemeriksaan administrasi.

“Hal ini penting agar saat pendaftaran nanti, prosesnya hanya berupa penyampaian formal dan tidak memakan waktu lama,” katanya.

Mengenai mekanisme penerimaan pendaftaran, KPU Samarinda telah menetapkan bahwa yang diperbolehkan masuk ke dalam aula hanya pasangan calon, istri, sekretaris, dan ketua partai politik pengusung.

BACA JUGA :  Pansus LKPJ Gubernur Lakukan Uji Petik Dua Rumah Sakit di Samarinda, Dorong Pembangunan Segera Rampung

“Media yang hadir juga dibatasi dengan pengambilan gambar hanya dari sudut tertentu, dan wawancara akan dilakukan di media center setelah prosesi pendaftaran,” ungkapnya.

Dalam upaya mengantisipasi potensi kemacetan selama tiga hari masa pendaftaran, KPU Samarinda juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian. Rencananya, jalur di sekitar lokasi pendaftaran akan diatur sedemikian rupa untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Meski belum ada pasangan calon yang mendaftar pada hari pertama, KPU Samarinda tetap optimis bahwa akan ada pendaftar pada hari-hari berikutnya.

Pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda akan berlangsung hingga tanggal 29 mendatang.

“Masyarakat Samarinda pun menunggu siapa saja yang akan bertarung dalam kontestasi politik ini, dan suara masyarakat lah yang akan menentukan,” tutupnya.

Penulis: Hanafi

Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img