spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Paser Bagikan 3.200 Bendera Merah Putih

PASER – Sebanyak 3.200 Bendera Merah Putih dibagikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser kepada masyarakat dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Halaman Kantor Bupati Paser, Senin (12/8/2024).

Pembagian Bendera Merah Putih merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ tanggal 8 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 yang mengusung slogan “Nusantara Maju Indonesia Maju”.

Pembagian lambang negara ini dibagikan Bupati Paser, Fahmi Fadli usai apel. Fahmi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi masyarakat termasuk di Kabupaten Paser.

“Pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan salah satu bentuk perwujudan rasa syukur atas Kemerdekaan Indonesia,” kata Fahmi.

Menurutnya, pada beberapa tahun belakangan ini, kesadaran masyarakat dalam memasang Bendera pada hari hari besar Nasional terkesan mulai berkurang. Hal ini tidak terlepas dari persoalan yang tengah kita hadapi saat itu, yakni pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Harga Beras dan Cabai Jelang Ramadan Relatif Stabil

Kondisi ini juga disebabkan adanya pergeseran nilai budaya akibat akses internet yang terlalu bebas, membuat generasi muda cenderung lupa bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa. Sehingga, dengan pembagian ini sebagai wujud meningkatkan rasa nasionalisme.

“Kita tidak ingin semua itu harus terus berlanjut kita tidak ingin semangat nasionalisme masyarakat Indonesia khususnya kabupaten Paser semakin berkurang,” ujarnya.

Gerakan pembagian Bendera Merah Putih diharapkan dapat menjadi momen lahirnya kembali ingatan perjuangan pahlawan. Selain itu, agar bendera merah putih yang merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat dapat berkibar di seluruh penjuru negeri, utamanya Kabupaten Paser.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Paser, Nonding menyatakan, kegiatan ini terselenggara atas kalaborasi dan sinergitas seluruh komponen yang ada pada Pemkab Paser.

“Tujuan dilaksanakannya pembagian bendera merah putih merupakan dukungan terhadap pencanangan pembagian 10 juta bendera se-Indonesia dalam rangka HUT ke-79 RI,” ungkapnya.

Pewarta: TB Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img