spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

1.700 Peserta Ikuti Bimtek e-Arsip Terintegrasi di Kukar, Implementasi DISAPA 

TENGGARONG – Penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi, terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Bahkan sudah disusun di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026, dan dituangkan di dalam program dedikasi Kukar Idaman, Program Digitalisasi Pelayanan Publik (DISAPA).

Bahkan ini pun sejalan dengan program pemerintah pusat. Ditunjukkan dengan Kukar, didapuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Arsip Terintegrasi. Diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selama dua hari, yakni tanggal 30-31 Mei 2024. Di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang.

1.700 peserta bimtek yang hadir, yang berasal dari 259 kabupaten dan kota di 22 provinsi. Berasal dari wilayah tengah dan timur Indonesia, yang berada dibawah Direktorat Binaan Wilayah Kearsipan Daerah (KD) 1.

“Berharap pelaksanaan ini bisa berlangsung sukses sampai hari penutupan besok, semoga para peserta dapat menyerap dan mengalokasikan di daerah masing-masing,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, Aji Lina Rodiah.

Dengan menghadirkan Direktur KD 1 ANRI, Rudi Anton, acara yang berlangsung dua hari ini, membahas implementasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), yang mengalami peralihan. Yakni dari Srikandi versi II menuju Srikandi versi III.

BACA JUGA :  Bupati Kukar Cek Langsung Infrastruktur Pompa Irigasi di Kecamatan Loa Kulu

Diharapkan dengan pembaharuan versi Srikandi sendiri, bisa semakin meningkatkan penggunaan Srikandi. Karena pada perjalanannya, semua surat menyurat dan administrasi di kabupaten dan kota bisa terlaksana dengan baik.

Khusus untuk Kukar, ia berharap dengan pembaharuan versi ini mampu meningkatkan penilaian pengelolaan arsipnya. Terbukti Kukar pun baru saja mendapatkan penghargaan dari ANRI, sebagai kabupaten dengan kinerja baik di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam hal pengelolaan arsipnya. Dengan penilaian Sangat Baik atau BB.

“Makanya kita baru kemarin mendapatkan penghargaan dari arsip nasional (ANRI) untuk pengelolaan di provinsi, masih Kukar yang diatas dan sangat baik,” tutup Aji Lina Rodiah. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img