spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hampir Setahun Tak Kunjung Diperbaiki, Pemkab Kukar Dorong BPJN Perbaiki Ruas Jalan Margasari

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, meninjau langsung lokasi longsor yang berada di Dusun Margasari, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. Bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, ia melihat langsung kondisi jalan yang hanya menyisakan satu jalur.

Longsoran menyebabkan badan jalan ambles setinggi orang dewasa. Lokasinya tidak jauh dari lokasi longsoran lainnya, yang sudah diperbaiki beberapa tahun silam.

“Sudah hampir 12 bulan belum ada penanganan, ini kelihatannya makin tergerus, kesempatan ini saya mohon Balai Jalan (BPJN) di Balikpapan, saya minta tolong ditindak lanjuti cepat,” ungkap Edi Damansyah, sambil memantau jalan yang longsor.

Jalan ini pun sangat vital bagi perekonomian di Kukar. Menghubungkan antara Kecamatan Tenggarong dan Loa Jalan. Jalan ini juga menjadi poros menuju Samarinda dan Balikpapan. Ditambah tidak jalan alternatif di sekitar jalan longsor.

Edi pun memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar tidak hanya diam. Pihaknya sudah bersurat sebanyak dua kali, namun belum mendapatkan jawaban. Ia khawatir kondisi jalan yang mengkhawatirkan ini putus, maka permasalahan yang timbul semakin besar.

BACA JUGA :  Program KKI Dianggap Sukses, Pemkab Kukar Kini Jadi Percontohan Daerah Lain

“Kalau (jalan) putus, maka arus angkutan orang dan barang terhenti, sangat vital,” tegas Edi.

Bahkan ia pun berencana untuk meminta pemerintah mengubah status ruas jalan tersebut. Untuk dialihkan menjadi jalan kabupaten. Sehingga ketika sewaktu-waktu jalan tersebut rusak, dapat segera ditangani dinas terkait.

“Kalau diserahkan ke kami beralih status jadi jalan kabupaten, kami tangani (perawatannya), tapi perbaiki dulu jalannya,” tutup Edi. (ADV)

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img