spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Personel Polda Kaltim Terlibat HUT RI di IKN Jalani Latihan Upacara 

BALIKPAPAN – Sebanyak 100 orang personel Polda Kaltim yang terpilih menjadi bagian dari peserta Upacara Bendera di HUT RI ke-79 yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) 17 Agustus 2024 mendatang tengah menjalani latihan di Makobrimob Polda Kaltim.

Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifai mengatakan, bahwa para personel yang terpilih ini diambil dari berbagai satuan yang ada di Polda Kaltim dengan melalui seleksi yang ketat dan menjalankan latihan yang intensif.

“Kami pilih sebanyak 100 orang personel, terdiri dari 2 pleton pasukan upacara putra, 1 pleton polwan, dan 1 pleton untuk upacara renungan suci di IKN,” ujarnya, Selasa (30/7/2024).

Lebih lanjut Andy Rifai menjelaskan, para personel yang terpilih ini adalah mereka yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan dan harus memiliki dedikasi tinggi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pasukan upacara.

“Personel ini merupakan orang pilihan dengan kriteria tertentu, dan akan bertugas pada upacara kemerdekaan nanti,” jelasnya.

Andy Rifai menambahkan, latihan yang diberikan kepada personel pasukan upacara tersebut, mencakup berbagai aspek, mulai dari pembinaan fisik, mental, hingga daya tahan tubuh. Karena upacara yang akan dilakukan di IKN nanti kemungkinan akan berlangsung dibawah terik matahari.

BACA JUGA :  Warga Balsel Meninggal Dunia Akibat DBD, DKK Minta Masyarakat Waspada

Menurutnya, latihan yang diberikan kepada pasukan ini dimulai sekitar pukul 09.00 – 13.00 Wita pada Senin-Jumat, yang sudah berlangsung selama 3 minggu.

“Latihan yang diberikan disesuaikan dengan kondisi lapangan. Materi latihan meliputi pembinaan fisik, mental, dan daya tahan tubuh, mengingat upacara akan dilaksanakan sekitar pukul 11.00 siang, saat terik matahari,” tambahnya.

Personel yang terpilih ini harus memiliki rasa kebanggan karena ini akan menjadi kesempatan prestisius karena akan menjadi pasukan pertama yang mengawal upacara pelaksanaan proklamasi HUT RI 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.

“Alhamdulillah, sampai saat ini persiapan berjalan lancar. Mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti, mereka dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pasukan upacara dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu Polwan terpilih sebagai peserta upacara HUT ke-79 RI, Briptu Almyda mengatakan, merasa bangga telah terpilih sebagai salah satu peserta Upacara Bendera HUT Ke 79 RI  untuk yang pertama kalinya di IKN Nusantara. Sebelum terpilih, ia melalui seleksi diantaranya masih berstatus single dan memiliki tinggi badan yang profosional.

BACA JUGA :  Stok Beras Bulog Kaltim Capai 20 Ribu Ton, Dipastikan Cukup Penuhi Kebutuhan hingga Idul Fitri

“Kita latihan hampir selama 2 bulan sejak tanggal 7 Juni, latihannya sendiri ada latihan fisik dan mematung. Untuk fisik ada latihan lari dan latihan lainnya, dan untuk mematung dilatih awalnya selama 1 jam, dan saat ini kami sudah bisa selama 1,5 jam, dengan kondisi cuacaa apa pun,” ujarnya.

Untuk menjaga stamina dan fisiknya agar tetap kuat selam menjalani pelatihan dan untuk pesiapan di IKN nanti, maka ia mengkosumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk vitamin, minum air putih yang banyak untuk menghindari dehidrasi akibat cuaca panas terik. “Yang terpenting selalu menjaga kesehatan dengan istiraha yang cukup,” tutupnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img