spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gamalis Minta Manfaatkan Potensi Daerah untuk Buka Peluang Investasi

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berau menggelar Ekspose dan Diseminasi Promosi Potensi dan Peluang Investasi Daerah, di Hotel Bumi Segah, Jalan Pulau Sambit, Tanjung Redeb, Senin (29/7/2024).

Pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Berau, Gamalis, menyampaikan bahwa Kabupaten Berau merupakan daerah yang cukup strategis dan memiliki berbagai macam potensi. Namun, selama ini kegiatan promosi terkait penanaman modal belum maksimal sehingga kegiatan investasi di Kabupaten Berau belum menunjukkan hasil yang menggembirakan.

“Untuk itu, optimalisasi pengelolaan data dan sistem informasi penanaman modal merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam rangka meningkatkan investasi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki,” ucapnya.

Selain itu, Gamalis menyebut kajian akademis tentang diseminasi peluang investasi daerah perlu dilaksanakan sebagai panduan untuk bergerak dan mendorong investasi di Kabupaten Berau.

“Oleh karena itu, hal ini menjadi perhatian kita bersama dalam meningkatkan peluang investasi di Bumi Batiwakkal,” ujarnya.

Kemudian, dirinya mengungkapkan bahwa sering ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) membuka peluang untuk meningkatkan investasi daerah.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kapasitas Kehumasan, Bawaslu Berau Beri Panwascam Pelatihan Jurnalistik

“Sehingga investasi dapat masuk ke Kabupaten Berau,” ujarnya.

Dirinya juga mendorong percepatan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Berau yang diyakini sebagai instrumen pelayanan publik yang menawarkan efektivitas, efisiensi, dan menjadi sebuah peluang investasi daerah.

“Pemerintah Pusat telah menginstruksikan bahwa MPP harus diimplementasikan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Gamalis berharap MPP dapat segera terlaksana sehingga dapat menerapkan prinsip keterpaduan yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Berau.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Berau, Nanang Bakran, menyampaikan bahwa dari hasil peninjauan pihaknya, sebagian besar pencapaian investasi di setiap daerah mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan cukup merata. Peluang ini pun menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Berau dengan menyusun kajian akademis dan melakukan pemetaan serta penyusunan data potensi investasi di berbagai sektor.

“Langkah awal sudah kita lakukan dengan menetapkan dasar hukumnya melalui peraturan daerah tentang kemudahan penanaman modal. Semoga dengan langkah ini membuka peluang bagi investor untuk menanamkan modalnya di Berau,” tandasnya. (Ril)

BACA JUGA :  Hawa Nafsu Tak Terbendung, Pria Ini Lakukan Percobaan Pemerkosaan Terhadap Tetangga Indekosnya

Pewarta: Aril
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img