spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gereja Katolik Stasi Mamboq Diresmikan, Langkah Konkret Pemkab Mahulu Dukung Peningkatan Kualitas Keimanan

MAHAKAM ULU – Wujud nyata dukungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) terhadap peningkatan kualitas keimanan masyarakat di tahun 2024 telah dibuktikan dengan diresmikannya 3 Gereja Katolik yang berdiri megah.

Salah satunya, diresmikannya Gereja Katolik Stasi Santo Christianus di Kampung Mamahak Teboq (Mamboq) Kecamatan Long Hubung oleh Wakil Bupati  Mahakam Ulu  Yohanes Avun pada Sabtu (6/7/2024) lalu.

Tampak antusiasme ratusan umat memadati halaman gereja, menyaksikan peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Wabup  Yohanes Avun, bersama Uskup Agung Samarinda  Yustinus Harjosusanto.

Usai diresmikan, Wabup  Yohanes Avun, menyerahkan kunci gereja kepada Uskup Agung Samarinda Yustinus Harjosusanto, dilanjutkan dengan pemberkatan dan perayaan Misa Syukur yang diikuti seluruh umat.

Hadir mendampingi Wabup pada peresmian, Ketua TP. PKK Kabupaten Mahulu Yovita Bulan Bonifasius, Kepala BKPSDM Mahulu Wenefrida Kayang,  Kadiskes P2KB Petronela Tugan, M.Kes., Kepala DPMPTSP Merkuria Ping,  Camat Long Hubung Mikael Tingang Lung.

Menyampaikan sambutan Bupati, Wabup  Yohanes Avun, mengucapkan ucapan selamat bagi seluruh umat katolik Mamboq, atas berdirinya Gereja Katolik Stasi Santo Christianus Kampung Mamboq.

BACA JUGA :  Kerjasama dengan PLN, Pemkab Mahulu Wujudkan Listrik 24 Jam di Perbatasan

“Peristiwa ini tidak hanya menjadi tonggak bersejarah bagi umat Katolik di wilayah ini, tetapi juga menandai komitmen kita bersama dalam memperkuat landasan moral dan spiritual dalam membangun daerah kita yang tercinta Mahulu. Besar harapan saya apa yang telah kita upayakan bersama ini dapat meningkatkan semangat hidup menggereja serta menunjang pertumbuhan religius masyarakat di tempat ini,” tutur Wabup.

Lebih lanjut Wabup  Yohanes Avun menambahkan,  Pemkab Mahulu meyakini bahwa agama dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya memiliki peran utama dalam membentuk karakter dan moral masyarakat.

“Gereja Katolik memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu pemerintah daerah dalam membangun mental dan kehidupan masyarakat yang lebih berperadaban. Melalui ajaran Yesus Kristus Gereja membimbing umatnya untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan penuh cinta kasih dan kepedulian,” ungkap Wabup.

Menurutnya, ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Mahulu serta 10 program prioritas, Pemkab Mahulu terus berusaha merealisasikan program pembangunan termasuk fasilitas rumah ibadah.

“Pemkab Mahulu yakin bahwa pembangunan fasilitas rumah ibadah adalah langkah konkret untuk mendukung peningkatan kualitas keimanan masyarakat,” ujar Wabup.

BACA JUGA :  Bupati Hadiri Adat Laliq Ataq Ujoh Bilang Dukung Penuh Tradisi Dan Pelestarian Warisan Budaya.

Besar harapan Wabup  Yohanes Avun, dengan berdirinya gereja, umat senantiasa menjaga dan merawat fasilitas rumah ibadah yang telah dibangun bersama.

“Hal ini tidak hanya berlaku bagi rumah ibadah saja, tetapi juga terhadap fasilitas umum lainnya. Kita harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kelestarian dan keamanan tempat-tempat yang menjadi aset bersama kita,” pesan Wabup. (Prokopim/len/adv-mkn)

Pewarta: Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.