spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wakil Presiden Ke 9 RI, Hamzah Haz Tutup Usia

JAKARTA – Wakil Presiden RI Ke 9, Periode 2001-2004, Hamzah Haz meninggal pada Rabu (24/07/2024) di RSPAD Gatot Soebroto. Hamzah Haz merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan merupakan wakil dari Presiden ke 5, Megawati Soekarno Putri.

Ia merupakan pria kelahiran Kalimantan Barat, 15 Februari 1940. Dirinya meninggal di usia 84 tahun.

Dilansir dari laman www.ppp.or.id, Hamzah Haz merupakan tokoh kebanggan dari PPP, dimana sempat menjadi Wakil Presiden RI. Sepak terjangnya sebagai politisi tak diragukan lagi.

Berawal dari berorganisasj di Partai PPP, sepak terjang Hamzah Haz dimulai dengan dipercayanya masuk Kabinet Presiden RI Ke 3, Bj Habibie. Ia menjabat sebagai Menteri Negara Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Selain itu, di masa kepemimpinan Presiden ke 4, Abdurrahman Wahid, Hamzah Haz juga diminta sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan Republik Indonesia. Jabatan tersebut ia terima, tetapi hanya berlangsung selama satu bulan saja.

Dalam laman tersebut bahkan, Hamzah Haz dituliskan sebagai Salah satu kader terbaik yang dimiliki  Partai PPP. Terlebih Hamzah Haz juga pernah memimpin partai ini dari tahun 1998 hingga 2007.

BACA JUGA :  Dugaan Ferdy Sambo Tembak Langsung Brigadir Yoshua Masih Didalami Timsus 

Sementara itu, dikutip dari laman kompas.tv Politikus PPP Syaifullah Tamliha pun mengkonfirmasi kebenaran kabar meninggalnya Hamzah Haz tersebut.

“Ya. Di RSAPD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Saat ini sedang dibawa ke rumah duka, Jl. Tegalan, Mataraman, Jakarta Timur,” kata dia.

Hamzah Haz meninggalkan Dua Istri, yaitu Hj Asmaniah dan Hj Titin Kartini yang diakaruniai 12 orang anak. Terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. (NAH)

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.