spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengembangan Sapi Ternak, Dua Koperasi di Paser Jadi Proyek Percontohan

PASER – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser tengah menyiapkan ratusan ekor sapi di 4 desa  menjadi lokasi pengembangan peternakan sapi berbasis koperasi ternak.

Yakni, Desa Keresik Bura dan Suatang melalui Koperasi Paser MaS Jaya, serta Koperasi Paser Mas Abadi yang mencakup Desa Damit dan Bekoso. Diketahui 4 desa itu berada di Kecamatan Pasir Belengkong.

“Setiap koperasi mendapatkan 100 ekor pembibitan sapi ternak, begitupun dengan kandang hingga pakannya,” kata Kepala Disbunak Kabupaten Paser, Djoko Bawono, Senin (22/7/2024).

Kedua koperasi tersebut dapat dijadikan proyek percontohan bagi Pemkab Paser. Dirinya bilang, program pengembangan peternakan berbasis koperasi tersebut agar diadopsi. Pasalnya, merupakan gagasan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim.

“Mayor proyek itu dari Disnak Kaltim yang memang merupakan inisiatif dari Pemprov Kaltim, dan khusus untuk sapi itu memang di Kabupaten Paser saja, kalau kambing maupun sebagainya di kabupaten yang lain dan tahun ini pelaksanaannya,” sebutnya.

Pengembangan peternakan bertujuan menambah populasi jumlah ternak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), apalagi hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang secara geografis bertetangga dengan Kabupaten Paser.

BACA JUGA :  Anak Demam Dikompres- Diberi Minum, Belum Ada Kasus Ginjal Akut di Paser

“Bisa kita adopsi kalau berhasil untuk dikembangkan ke kelompok yang lain. Kita lihat dulu satu atau dua tahun ke depan, kalau bagus bisa kita contoh programnya,” tandas Djoko.

Pewarta: TB Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img