spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Badak LNG Gagalkan Penyusupan OTK dan Ancaman Gangguan Cyber

BONTANG – Kamis (18/07/24) terdapat laporan dari petugas keamanan di Pos Jaga Cargo Dock bahwa ID Bagding tidak berfungsi dengan baik dan mengalami gangguan, disusul dengan Security Command & Control Center (SCCC) juga menyampaikan bahwa terjadi gangguan layar blank pada monitor CCTV yang memperlihatkan area pelabuhan. Tak berselang lama, terlihat 3 boat mencurigakan berada di perairan mendekati area fasilitas pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero).  Ketiga boat tersebut terlihat dipenuhi penumpang yang membawa senjata tajam. Ketika dilakukan pengejaran, Orang Tidak Dikenal (OTK) tersebut melarikan diri dan menuju dermaga Layanan Lindungan Perairan (LLP). Sementara itu, gangguang yang terjadi pada ID Badging dan CCTV dipastikan adalah gangguang cyber sehingga CCTV tidak bisa berfungsi.

Kemudian terdapat 4 boat berbeda dengan boat sebelumnya melaju dengan kecepatan tinggi menuju arah Fasilitas Pelabuhan TUKS LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero). Sejumlah pihak keamanan pun langsung berkoordinasi untuk melakukan pengejaran dan menghalau OTK yang kian anarkis.

BACA JUGA :  Cegah Aksi Kejahatan, Polsek Marang Kayu Laksanakan Patroli Dialogis

Situasi kian memanas dengan adanya 3 boat baru yang melaju dan mengarah ke TUKS LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero) dan diambil alihnya Kapal Tugboat Bontang 07 oleh para OTK. Akibatnya terjadi perkelahian antara OTK dan crew kapal, ruang mesin dilempar bom molotov hingga terjadi kebakaran dan menyebabkan kapal hilang kendali menabrak dermaga. Satu orang crew kapal terluka akibat perkelahian tersebut.

Selang empat jam berlalu, aparat gabungan berhasil melumpuhkan dan menangkap OTK yang menyusup masuk ke Fasilitas Pelabuhan TUKS LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero) secara sistematis dan mengikuti prosedur operasi yang berlaku. Pencemaran lingkungan berupa tumpahan minyak akibat tabrakan lambung kapal dengan dermaga juga telah diatasi oleh tim LLP Badak LNG, sedangkan crew kapal yang terluka juga telah mendapatkan perawatan lebih lanjut oleh tim medis RS LNG Badak.

Demikianlah rangkaian kegiatan exercise international ship and port facility security atau isps code yang diadakan oleh Badak LNG. Selain tentang penanggulangan aksi penyusupan, dalam exercise kali ini juga diceritakan tentang gangguan keamanan cyber dan penanganan pencemaran lingkungan. Kegiatan ini digelar dengan tujuan memenuhi persyaratan kewajiban guna mempertahankan TUKS LNG dan LPG Bontang PT Pertamina (Persero) yang telah mendapatkan statement of compliance of a port facility.

BACA JUGA :  Kota Bontang Raih Penghargaan Proklim 2023

Kilang Badak LNG merupakan salah satu objek vital nasional (Obvitnas) yang memegang peranan penting dalam menjaga ketahanan produksi energi. Oleh karenanya, sarana dan prasarana pendukung kegiatan operasional kilang Badak LNG harus dipastikan keamanannya. Tak terkecuali ialah TUKS LNG & LPG PT Pertamina (Persero). Menyadari pentingnya menjaga keamanan TUKS LNG & LPG PT Pertamina (Persero) sebagai fasilitas pendukung tempat masuknya kapal pengangkut LNG, maka Badak LNG pun melakukan berbagai upaya. Salah satunya ialah melalui kegiatan Exercise International Ship and Port Facility Security (ISPS Code) yang telah sukses digelar pada Kamis (18/07/24).

Apresiasi yang tinggi diberikan Kepala KSOP Kelas II Bontang Dimyati dan Kepala Bea Cukai Bontang Tri Haryono Suhud kepada Badak LNG yang telah melaksanakan Exercise ISPS Code dengan sangat baik “Kegiatan ini penting dilaksanakan untuk menjamin dan menciptakan sistem keamanan di fasilitas pelabuhan”, ungkap Dimyati dan Tri haryono dalam sesi wawancara.

Sementara itu, Vice President Production Badak LNG Feri Sulistyo Nugroho menyampaikan bahwa Exercise ISPS Code menjadi agenda rutin Badak LNG setiap 18 bulan sekali, “Kegiatan ini menunjukan tingginya komitmen Badak LNG dalam menjaga keamanan di fasilitas pelabuhan” ungkapnya.

BACA JUGA :  Hari Peduli Sampah Nasional, Babinsa BK Bersih-bersih Bersama Warga

Exercise ISPS Code dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi kewajiban guna mempertahankan TUKS LNG & LPG Bontang PT Pertamina (Persero) yang telah mendapatkan Statement of Compliance of a Port Facility, sekaligus memastikan bahwa personil fasilitas pelabuhan terampil dalam semua tugas keamanan pada setiap tingkat keamanan.(adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.