spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Raih Nilai SAKIP BB dari Kemenpan-RB

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih nilai BB (mendekati predikat lebih tinggi) dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), hingga Semester I tahun 2024.

Kukar meraih nilai yang sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Bontang yang juga mencatatkan nilai SAKIP BB dengan indeks 70,1. Untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) dengan nilai A dengan indeks 80,1.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Agustin. Dalam kegiatan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2024, di Auditorium Kantor Balaikota Balikpapan.

“Khusus Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sudah mendekati predikat tertinggi SAKIP A, sedangkan tiga pemerintah kabupaten dan kota mendekati predikat tertinggi SAKIP BB,” ujarnya.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, mengatakan pencapaian ini patut diapresiasi. Meski disisi lain, ia terus meminta jajaran Pemkab Kukar untuk terus meningkatkan predikat yang sudah diraih. Salah satunya dengan melakukan evaluasi, untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

BACA JUGA :  Cegah Wabah PMK, Distanak Kukar Tunda Rekomendasi Kedatangan Hewan Ternak dari Jawa

Bahkan Sunggono pun langsung melakukan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) secara internal. Hasilnya, menetapkan dan menjadikan akuntabilitas kinerja sebagai indikator utama. Seperti yang disampaikan Kemenpan-RB.

Sejumlah catatan pun diberikan secara khusus terkait kinerja kepada seluruh jajaran Pemkab Kukar. Diantaranya beberapa hal yang perlu mendapatkan dukungan administrasi dan pendalaman atas indikator kinerja yang nilai. Selanjutnya mendalami data dan mengkoreksi data yang ada supaya pada saatnya nanti ada pemahaman yang sama.

“Ini baru satu semester, masih ada enam bulan lagi untuk penilaian ditahun 2024, jadi harus semangat masih ada waktu untuk kita bersama-sama saling memperbaiki,” pungkasnya. (ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.