spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelatihan SDM Umat Hindu di Kaliorang, Bupati Ardiansyah Harap Bumi Sejahtera Jadi Desa Budaya

KALIORANG – Meski dihari libur kerja, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman tetap turun ke lapangan memenuhi undangan masyarakat. Terbaru ia menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi umat Hindu Pemedek Pure Agung Jagatnatha Gunung Benteng, Desa Bumi Sejahtera Kaliorang, Minggu (14/7/2024) pagi. Turut hadir mendampingi Bupati Ardiansyah yakni Camat Kaliorang Rusnomo, Forkopimcam, Kades Bumi Sejahtera Dedi Rahmat, Ketua PHDI Bumi Sejahtera Gede Yusane, Ketua MUI Kecamatan Kaliorang serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan apresiasi kepada seluruh umat di Kabupaten Kutim yang terus memperhatikan seni, budaya, adat maupun kegiatan keagamaan. Tidak hanya untuk umat Islam tetapi umat yang lain juga khususnya umat hindu yang ada di Desa Bumi Sejahtera Kaliorang.

“Meskipun bapak ibu jauh dari kampung halaman tetapi kegiatan bapak ibu tetap dilaksanakan. Karena memang pada dasarnya agama tidak mengenal wilayah, dimana saja kita berada maka tetap kita jalankan dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Ardiansyah Imbau Stop Bakar Lahan Sembarangan dan Waspadai Musim Panas di Kutim

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa keberagaman yang ada di Desa Bumi Sejahtera sangat luar biasa. Disisi agama ada umat Islam, Nasrani, Hindu dan agama lainnya. Sedangkan dari sisi suku ada suku Jawa, Bugis, Kutai, Dayak, Bali, Banjar dan masih banyak lagi lainnya.

“Desa Bumi Sejahtera bisa dijadikan sebagai desa budaya dengan catatan dari seluruh budaya yang ada di sini bersatu padu mewujudkan itu. Areal bukit pandang Gunung Banteng ini bisa didesain sedemikian rupa, setiap pekan ada tampilan-tampilan budaya dari para budayawan dan tidak lupa menghadir UMKM di dalamnya,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kaliorang Rusnomo mengatakan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan maupun pelatihan yang dilakukan oleh warga masyarakat Kaliorang termasuk kegiatan yang dilakukan oleh PHDI Desa Bumi Sejahtera.

“Terima kasih kepada bapak bupati yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan atau hari saraswati di Desa Bumi Sejahtera,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikam Kades Bumi Sejahtera Dedi Rachmat bahwa Desa Bumi Sejahtera merupakan desa transmigrasi penempatan paling pertama di Kecamatan Kaliorang tepatnya di tahun 1987. Desa ini warga masyarakatnya sangat beragam mulai dari suku Bali, Jawa, Sunda, Lombok, Madura, Sulawesi, Kutai, Banjar, Dayak dan Timur.

BACA JUGA :  Harlah Muslimat NU ke-78, Pemkab Kutim Apresiasi

“Alhamdulillah kami dari pemerintah desa sangat dimudahkan melaksanakan program-program pemerintahan desa tentunya dengan support dari Bupati Ardiansyah. Kami berharap tempat ini (Gunung Benteng) bisa menjadi objek wisata sebagai bukit pandang,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua PHDI Bumi Sejahtera Gede Yusane menjelaskan bahwa kegiatan ini memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan yaitu Hari Raya Saraswati. Adapun jenis pelatihannya yakni membuat upakara kesedamatian oleh ibu-ibu WHDI serta kegiatan praktek membuat tipat atau ketupat, praktik ngulat klakat dan sengkul oleh adik-adik Pasraman Widya Dharma Loka Desa Bumi Sejahtera.

“Kegiatan ini mengusung tema Jane Kerti Parama Guna Wikrama Harkat Martabat Manusia Unggul. Tema ini tentu kontesual dan relevan dengan semangat pembangunan sumber daya manusia yang unggul menuju kutim hebat dan Indonesia emas. Terima kasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik,” singkatnya. (Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img