spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wujudkan Sistem Kesehatan Indonesia Emas 2045, Dinkes Kaltim Persiapkan Rakerkesda


SAMARINDA – Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2024 akan digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur. Rencananya akan dilaksanakan pada 24 – 25 Juli 2024 mendatang.

Dengan mengusung tema “Sistem Kesehatan Kaltim yang Berkeadilan Menuju Indonesia Emas 2045”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauanĀ  serta kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat.

Ketua Panitia, Syarifah Masitah menyampaikan pengawalan terhadap penyakit menular atau tidak menular menjadi fokus pada tahun-tahun mendatang.

“Isu-isu kesehatan seperti JKN, AKI dan AKN, Stunting, penyakit menular dan tidak menular menjadi fokus penting,” ujarnya.

Kemudian, ia menambahkan fokus peningkatan kapasitas dan ketahanan sistem kesehatan akan menjadi pembahasan pada kesempatan tahun ini.

Hadir pula nantinya Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Prof. Laksono Trisnantoro. Juga Staff Khusus Menteri Kesehatan RI, Prof. M. Afzal Mahmoud, Kaltim Health Advisor University of Adelaide Australia, Pusat Krisis Regional Kalimantan dan Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur.

Rakerkesda akan dibuka oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan akan diikuti oleh 300 peserta. Peserta tersebut terdiri dari kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, Anggota DPRD terpilih, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit TNI/Polri, Rumah Sakit Pemerintah/Swasta.

BACA JUGA :  Adakan Evaluasi, Dinkes Tekankan Pentingnya Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat

Lebih lanjut, juga dari instansi vertikal, organisasi profesi, Institusi Pendidikan Kesehatan serta organisasi masyarakat dan para tokoh.

“Kegiatan ini dirangkai dengan penandatangan komitmen dan perjanjian kerjasama bersama BAZNAS, Disperangkop, Dinas Pariwisata, LK NU, dalam pemberdayaan penderita dan keluarga TB,” tambah Syarifah.

Selanjutnya ada pula penyerahan tensi otomatis dan Pospindu KIT pada OPD Provinsi. Selain itu, dirangkai pula pemberian piagam penghargaan kepada kepala daerah, penyerahan TCM, mikroskop dan speciment refrigator untuk kabupaten/kota.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat kesehatan kepada FKTP dan FKTRL, BAZNAS, Disperangkop, Dinas Pariwisata dan LK NU.

Pewarta: Khoirul Umam
EditorĀ :Ā NichaĀ R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img