spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Ekonomi Kreatif Road to EBIFF dan Kemilau Kaltim Fest Memukau Ribuan Penonton di Samarinda

SAMARINDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni resmi meluncurkan Gelar Ekonomi Kreatif Road to East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) dan Kemilau Kaltim Fest di Creative Hub Samarinda (Eks Bandara Temindung) pada Senin malam (8/7/2024).

Acara ini dimeriahkan dengan penampilan duet penyanyi Mr Jono dan Joni yang menghibur ribuan penonton dengan lagu-lagu dangdut remix kekinian dan hits mereka “PDKT”.

Peluncuran ini menandai dimulainya rangkaian acara menuju festival seni budaya bertaraf internasional. Pasalnya, EBIFF akan diikuti oleh berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika pada akhir Juli nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi, menjelaskan bahwa EBIFF merupakan ajang promosi dan pelestarian kesenian rakyat.

“Ini adalah kesenian rakyat internasional. Nanti kesenian kita akan berada satu panggung dengan seni budaya negara-negara di dunia,” jelas Ririn.

Lebih lanjut, Ririn menuturkan bahwa EBIFF akan menghadirkan pertunjukan dari berbagai negara seperti Jepang, Bulgaria, Mesir, Amerika Serikat, Polandia, Korea Selatan, dan Indonesia.

BACA JUGA :  Tekan Angka Stunting, Kaltim Berkomitmen Memperkuat Integrasi Pelayanan Primer

“Selain itu, Kemilau Kaltim Fest juga akan memeriahkan acara dengan menampilkan kekayaan seni budaya dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur,” ungkapnya

Sekda Kaltim, Sri Wahyuni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa EBIFF akan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

“Ini festival rakyat ya, dan tentu saja acara EBIFF mendatang gratis. Nanti akan kami siapkan oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas Pariwisata,” ucap Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Kaltim, khususnya para pemuda, yang hadir dengan tertib selama acara berlangsung.

“Ia pun berjanji bahwa Pemprov Kaltim akan kembali menata lokasi acara dengan panggung yang lebih luas dan manajemen parkir yang lebih tertata rapi untuk menampung lebih banyak pengunjung,” tutupnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempromosikan budaya dan ekonomi kreatif Kaltim kepada dunia internasional.

Penulis: Dimas
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.