spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerataan Pembangunan dan Ekonomi, Pemkab Kukar kembali Bangun 3 Pasar

TENGGARONG – Pemerataan pembangunan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), memastikan perputaran ekonomi masyarakat berjalan. Salah satunya dengan menyiapkan infrastruktur pasar di sejumlah kecamatan di Kukar.

Pembangunan pasar tiap tahunnya, terus dilakukan oleh Pemkab Kukar, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar. Tahun ini saja, sebanyak 5 unit pasar akan dibangun dan direhabilitasi disepanjang 2024.

Masing-masing di Kecamatan Kembang Janggut dibangun di Desa Perdana, Kecamatan Muara Kaman akan dibangun di Desa Bunga Jadi. Serta pembangunan di Desa Karya Merdeka di Kecamatan Samboja Barat.

Sementara untuk rehabilitasi, akan dilaksanakan di Kecamatan Anggana dan Kecamatan Tenggarong, tepatnya di Pasar Mangkurawang. Memperbaiki sejumlah infrastruktur bagian pasar yang mengalami kerusakan.

“Yang diharapkan 5 pasar ini, yang pasti pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hasil pertanian bisa segera dipasarkan, masyarakat menikmati efek domino di sekitarnya,” ujar Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah.

Pembangunan pada tahun ini, memang meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu. Dikatakan Sayid, pada tahun lalu dibangun dua pasar. Yakni di Desa Batuah yang berada di Kecamatan Loa Janan dan di Desa Lebaho Ulaq di Kecamatan Muara Kaman. Dengan total pasar di Kukar yang dikelola oleh Disperindag Kukar mencapai 22 unit ditahun 2023.

BACA JUGA :  Ringankan Biaya Pendidikan, 50 Siswa SMPN 3 Tenggarong Dapat Seragam Gratis Melalui BOSKab

Pembangunan pasar ini pun dikatakan oleh Sayid, biasanya berasal dari usulan masyarakat yang disampaikan melalui usul Musrenbang tiap tahunnya.

“Dibangun karena ada usulan dari desa untuk membangun tempat pasar, mungkin belum ada pasarnya,” tutupnya. (ADV)

Penulis : Muhammad Rafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.