spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Mahakam Ulu Ingatkan ASN Pentingnya  Menjaga Keamanan Data di  Era Digital

MAHAKAM ULU  –  Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat  Setkratariat  daerah (Setdakab) Mahakam Ulu, Augustinus Teguh Santoso mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah daerah dalam menjalankan tugas dan fungsinya banyak mengelola data dan informasi. Baik data pribadi, data keuangan, data perencanaan maupun data lainnya yang tidak kalah penting, serta harus dijaga.

Karena itu, dia mengingatkan kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya  menjaga data negara dan data pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan saat membuka secara langsung kegiatan Sosialisasi Keamanan Data dan Informasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Ruang Rapak, Lantai  3 Setdakab  pada  Selasa (25/6/2024) lalu.

Dirinya yang mewakili Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh turut menerangkan, sosialisasi pengamanan data dan informasi daerah ini sangat penting bagi para pemangku tugas pemerintah.

Menurutnya, keamanan data dan informasi bukan hanya menjadi tanggung jawab aparatur pemda saja, namun juga menjadi tanggung jawab bersama sebagai pelayan publik.

“Bapak ibu, keamanan data dan informasi tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemda saja, namun juga menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai pelayan publik,” jelasnya

BACA JUGA :  Pemkab Mahakam Ulu Apresiasi Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terkait Perubahan APBD 2024

Asisten I juga memberi apresiasi kepada Diskominfostandi Mahulu, karena telah meningkatkan pelayanan pada bidang teknologi dan informasi di Mahulu yang semakin membaik. Juga sebagai leader pelaksana secara bertahap dalam melakukan peningkatan pelayanan teknologi informasi.

Ia berharap kepada seluruh perangkat daerah agar menjadi pelopor dalam mengamankan data dan informasi, serta menerapkan praktek-praktek terbaik dalam tata kelola data pemerintah daerah berbasis elektronik.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Kominfostandi Mahulu Markus Wan mengatakan, bahwa keamanan data dan informasi dilaksanakan guna meminimalisir kebocoran data pemerintah dalam pengelolaan website dan media sosial yang dapat merugikan nama institusi terkait.

Ia juga mengatakan dalam suatu organisasi, sangat penting menjaga keamanan data karena data dan informasi merupakan aset terpenting yang harus dijaga. Kebocoran data dapat menyebabkan kerugian finansial.

Keamanan data juga dapat dilakukan dengan cara membackup data, menggunakan password yang kuat, menggunakan koneksi jaringan yang aman, serta tidak memberikan kewenangan tanpa surat perintah.

Kadis juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan keamanan data dan informasi di lingkup Pemda Mahulu.

BACA JUGA :  Banjir di Mahulu, Bupati Tetapkan Status Darurat hingga 27 Mei, Fokus Evakuasi Warga

“Diharapkan ke depannya dapat berkembang keamanan informasi di setiap informasi Pemda Mahulu, sehingga keamanan data daerah dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya. (*/rls).

Pewarta: Ichal
Editor   : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.