spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gedung Perpustakaan Baru Paser Bakal Dilengkapi Bioskop

PASER – Meski tampak luar gedung perpustakaan ini telah rampung, namun untuk dapat dimanfaatkan belum dilakukan dalam kurun waktu satu bulan ke depan. Pasalnya, fasilitas bangunan gedung yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Grogot itu, masih belum terpenuhi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser, Yusuf Sumako menyatakan, kebutuhan sarapan prasarana seperti mebeler hingga penataan halaman belum selesai. Rencanya bakal tuntas di 2024 ini dapat direncakan akan diresmikan pada Oktober mendatang.

“Pembangunan gedungnya 100 persen rampung, tinggal yang lainnya lagi. Kalau semua sudah selesai, baru kita resmikan,” kata Yusuf Sumako, Senin (24/6/2024).

Mitologi Putri Petong diyakini masyarakat Kabupaten Paser sebagai pemimpin pertama Kerajaan Sadurengas. Kini, sosok sang ratu diabadikan menjadi nama gedung perpustakaan baru yang terdiri dari dua lantai.

Perpustakaan itu nantinya tidak hanya menjadi sumber untuk mencari referensi buku, namun juga bisa digunakan untuk kegiatan seminar maupun tempat untuk menerima tamu pemerintah daerah. Pasalnya, masih sekitar perpustakaan direncanakan dibangun gedung serba guna.

BACA JUGA :  Dukung Program TMMD di Sungai Terik, Pemkab Paser Kucurkan Rp 2 Miliar

Di samping itu, perpustakaan tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang baca modern hingga ruang bioskop. Anggarannya bersumber dari bantuan perusahaan.

“Ruang bioskop itu bisa digunakan untuk nonton bareng dengan kapasitas 150 seat, dananya sementara masih menunggu dari Kideco untuk sarana dan prasarananya senilai Rp3,5 miliar,” ungkap mantan kepala Disporapar Kabupaten Paser itu.

Penambahan fasilitas tersebut, kata Yusuf merupakan inisiatif dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser untuk berinovasi agar perpustakaan tidak sepi dengan pengunjung, salah satunya adanya ruang bioskop.

“Karena film ini termasuk bagian dari perpustakaan literasi sehingga kita padukan di gedung perpustakaan baru itu yang akan kita resmikan kemungkinan Oktober mendatang,” tandas Yusuf.

Pewarta: TB Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img