spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Melihat Potensi Kelayakan Pengembangan Layanan, RSUD Bontang-Unmul Kerja Sama Studi Kelayakan

BONTANG – RSUD Taman Husada Bontang mengadakan kerja sama dengan Unit Layanan Strategis, Pusat Kajian Manajemen dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan, Universitas Mulawarman. Ini dilakukan untuk melihat potensi pengembangan layanan untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Kabid Pelayanan Medik dan Peningkatan Mutu RSUD Bontang, dr. Tri Ratna Paramita, mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka studi kelayakan untuk melihat rencana potensi pengembangan layanan ke depannya. Ia menyatakan bahwa kebutuhan pelayanan rumah sakit ke depannya akan dilihat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari beberapa aspek, seperti kondisi sosial-ekonomi, demografi, pendapatan rumah sakit, tingkat kunjungan, hingga jenis penyakit sebagai dasar perencanaan layanan rumah sakit di masa mendatang.

“Rumah sakit ke depannya akan mengembangkan layanan apa saja, sesuai rencana juga akan membangun Gedung C. Itu untuk proyeksi 5-10 tahun ke depan,” kata dr. Tri Ratna Paramita, Senin (24/6/2024).

Selanjutnya, ia menyebutkan bahwa ke depannya akan ada dokumen studi kelayakan yang berisi gambaran umum dan rekomendasi dari Unmul terkait layanan apa saja yang akan dikembangkan.

BACA JUGA :  Perawat dan Bidan RSUD Bontang Ikuti Pelatihan BTCLS di Samarinda

“Ini juga akan menjadi program yang akan membangun gedung. Dari situ kebutuhan gedung dalam pengembangan pelayanan apa saja dari studi kelayakan. Secara garis besar, kelebihan Unmul telah bekerja sama dengan Pemkot Bontang. Kedua, secara akademisi atau lembaga yang independen yang dipadukan dengan teori, fakta yang ada, kebutuhan masyarakat dan wawancara masyarakat,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa proses studi kelayakan ini dilaksanakan selama 60 hingga 90 hari sampai terbitnya rekomendasi. “Namun, untuk langkah awal, proses pengumpulan data memerlukan empat hari. Hasilnya akan disampaikan kepada rumah sakit dan pemilik rumah sakit, yakni Pemerintah Kota Bontang, melalui presentasi sesuai dengan hasil kajian,” jelasnya.

Ia berharap setelah studi kelayakan ini, RSUD Bontang dapat mengembangkan layanan yang direkomendasikan dalam bentuk pemenuhan gedung, sarana dan prasarana, serta SDM sehingga dapat mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat dan masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan di Kota Bontang yang sesuai dengan standar. (adv/yah)

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti