spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kideco Salurkan Rp 4,1 Miliar untuk Penanganan Stunting di Paser

PASER – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) bersama PT Indika Energy Tbk (INDY) meluncurkan program Cegah dan Tangani Stunting (CANTING) dan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang berlangsung di Puskesmas Desa Batu Kajang, Kecamatan Batu Sopang, Selasa (11/5/2024).

Melalui program tersebut, Kideco menggelontorkan bantuan sebesar Rp 4,1 miliar untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser untuk menangani kondisi gangguan pertumbuhan pada anak.

Pasalnya, di Indonesia berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, masih berada di angka 21,5 persen persen. Sedangkan, target pemerintah untuk menurunkan stunting yang disebabkan oleh malnutrisi adalah 14 persen.

Komisaris Utama Kideco, Azis Armand menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, terutama masyarakat yang berada di sekitar lokasi kerja atau jobsite.

“Kideco dalam keberadaannya selalu menjadi bagian dari masyarakat, terutama masyarakat daerah sekitar operasi tambang,” katanya.

Untuk itu, sebagai kelanjutan dari beberapa program sosial sebelumnya, Kideco kembali meluncurkan beberapa program, yaitu program inklusivitas untuk anak-anak disabilitas, dan CANTING yang berfokus pada penurunan angka stunting anak.

BACA JUGA :  Rapor Merah DPUTR Paser, Serapan Anggaran 2022 Dianggap Buruk

Komisaris Kideco Letnan Jenderal TNI (Purn) Dodik Wijanarko menambahkan program-program tersebut adalah bentuk komitmen Kideco untuk masyarakat dalam membantu pihak Pemkab Paser.

“Kideco serius dalam menjalankan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Paser, terutama untuk program-program jangka panjang yang berkaitan langsung dengan kebutuhan mendasar masyarakat,” ujarnya.

Diketahui, wilayah dengan angka stunting masih berada di atas target, bahkan di atas rata rata nasional adalah Kabupaten Paser. Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 menunjukan Kabupaten Paser masih berada di angka 24,9 persen.

Di Kabupaten Paser sendiri, terdapat 47 desa yang diberi perhatian khusus terkait masalah tangkes. Sementara gelontoran dana diserahkan kepada Kepala DP2KBP3A Kabupaten Paser dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser.

Pewarta: TB Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.