spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gandeng TJSP, Pemkab Kukar Berangkatkan 17 Siswa ke Jabar

TENGGARONG – Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kutai Kartanegara (Kukar) gencar dilakukan, salah satunya  beasiswa yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Namun untuk memastikan jangkauan semakin luas, Pemkab Kukar pun menggandeng sejumlah perusahaan untuk mengucurkan program beasiswa melalui Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP).

Bersama 13 perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan dan perkebunan, menjalin kerjasama pemberian beasiswa. Sebanyak 17 siswa asal Kukar, bakal mendapatkan beasiswa penuh dari perusahaan dengan  total pembiayaan mencapai Rp 105 juta per orang.

Lebih lanjut, 15 siswa nantinya akan menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama 1 Garut. Dan 2 siswa sisanya akan bersekolah di SMK Wikrama Bogor.

“Pemkab Kukar akan terus berkomitmen, memberikan ruang kepada forum TJSP untuk berkontribusi dalam memanfaatkan program CSR perusahaan-perusahaan. Tidak hanya program beasiswa, tetapi juga program lain yang sinergi dengan perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Sunggono, sekretaris Kabupaten (sekkab) Kukar, Rabu (12/6/2024).

Sejumlah perusahaan yang ikut serta dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS)  pemberian beasiswa bagi siswa Kukar. Yakni PT Multi Harapan Utama (PT MHU), PT Tiwa Abadi (Bara Tabang), PT Baramulti Sukses Sarana, PT Komunitas Bangun Bersama, PT Karya Putra Borneo, PT Singlurus Pratama, PT Alam Karya Gemilang, PT Sawit Kaltim Lestari (PT SKL), PT Niagamas Gemilang, PT Insani Bara Perkasa (PT IBP), PT Rencana Mulia Baratama (PT RMB) dan PT Mahakam Sumber Jaya (PT MSJ).

BACA JUGA :  15 Kepala Desa Berhasil Raih Anugerah Desa Idaman

Ini sebagai upaya dari pemkab bersama perusahaan untuk memajukan pendidikan di Kukar. Untuk mempersiapkan generasi emas Kukar. Sehingga menimbulkan dampak positif untuk mendongkrak tingkat pendidikan angkatan kerja.

Aktualisasi dari kerja sama kolaborasi ini, sehingga dunia industri bukan lagi hanya sebagai perusahaan-perusahaan yang berkegiatan untuk mendapatkan keuntungan. Namun juga turut serta mengembangkan diri dalam seluruh proses pembangunan daerah.

“Pemkab Kutai Kartanegara berharap agar kerjasama ini menjadi program prioritas perusahaan yang diiringi dengan inovasi atau program-program pendukung dalam memaksimalkan manfaat CSR perusahaan, khususnya pada bidang pendidikan,” tutup Sunggono.

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img